oleh

Kini Panitia Penjaringan Wakil Rektor Tunggu Hasil

-Pendidikan-dibaca 85 kali

SULTENG RAYA-Panitia Penjaringan Wakil Rektor Unismuh Palu, pasca dibentuk tanggal 8 Juni 2021, dan setelah senat universitas mensahkan persyaratan-persyaratan calon wakil rektor yang mengacu pada statuta, langsung tancap gas dengan mengedarkan sebanyak 40 lebih formulir permintaan kesediaan kepada orang-orang yang dinilai memenuhi syarat yang dipersyaratkan statuta sebagai wakil rektor, untuk mendampingi rektor empat tahun kedepan.

Ketua Panitia Penjaringan Wakil Rektor, Syamsu Sahibo, mengatakan, saat ini panitia tinggal menunggu pengembalian formulir yang sudah beredar itu, hingga batas waktu tanggal 23 Juni 2021.

“Kita tinggal menunggu pengembalian formulir, meskipun sudah ada yang menyatakan secara lisan tidak bersedia untuk dicalonkan,”ujar  Syamsu Sahibo, Kamis (17/6/2021).

Bagi yang tidak bersedia dicalonkan kata Syamsu Sahibo adalah hal biasa, itulah dinamika di perserikatan Muhammadiyah dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, tidak hanya berkompetisi dalam kebaikan namun juga kerap kali saling mempersilahkan memikul amanah. “Inikan terkait amanah, tentu ada yang bersedia menerima, dan ada juga yang tidak bersedia menerima, itu sudah hal yang wajar,”ujar Ketua Lembaga Etik Unismuh Palu ini.

Baca Juga :   22.000 Mahasiswa Program Kampus Mengajar Segera Mengabdikan Diri di 3.593 Sekolah

Adapun secara umum kata Syamsu Sahibo, sebagai syarat yang dipersyaratkan sebagai calon wakil rektor Unismuh Palu adalah mampu bekerjasama dengan perserikatan dan rektor, tidak merangkap jabatan, dan perna menduduki dan atau tengah menduduki struktural dalam lingkup universitas.

Berdasarkan statuta katanya, di setiap bidang wakil rektor itu, yakni Wakil Rektor 1, Wakil Rektor II, dan Wakil Rektor III,  minimal diisi tiga nama bakal calon, jika sampai batas waktu tanggal 23 Juni 2021 ada bidang yang tidak memenuhi minimal tiga nama bakal calon, maka akan diberi perpanjangan waktu selama tiga hari. “Jikapun nanti sudah dilakukan perpanjangan waktu selama tiga hari, namun tetap tidak memenuhi minimal tiga nama itu, maka terpaksa akan tetap dilanjutkan, karena sudah diberi perpanjangan waktu,”jelas  Syamsu.

Baca Juga :   Kasus Covit-19 Naik, PKBM Kana Mapande Sementara waktu Tiadakan Proses KBM

Lebih lanjut kata Syamsu, setiap bakal calon itu nantinya akan diserahkan ke Senat Universitas untuk disahkan sebagai calon, lalu nama-nama itu dikirim ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah untuk mendapatkan rekomendasi Alislam Kemuhammadiyaan (AIK), dan kemudian dikembalikan ke senat untuk menguji aspek kepemimpinan setiap calon.

“Dari hasil senat ini, diserahkan ke rektor untuk dikirim ke Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, untuk dipilih satu dari tiga nama di setiap bidang, dan itulah nantinya yang akan dilantik sebagai Wakil Rektor Unismuh Palu,”jelas Syamsu.

Sebelumnya, Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM berharap, Tim Penjaringan ini bekerja sebaik dan seefektif mungkin, menjaring orang-orang yang dinilai mampu mendampingi dirinya empat tahun kedepan, menahkodai kampus biru Unismuh Palu yang berkemajuan.

Baca Juga :   Selesaikan Satu Semester, Untad Lakukan Pelepasan dan Penarikan Mahasiswa Permata Merdeka

Dengan ketentuan, setiap calon tidak membawa visi misi sendiri, karena hanya ada satu visi misi yakni visi misi rektor yang harus dijalankan dan disukseskan dalam kurung waktu empat tahun kedepan. “Tentu hanya visi misi rektor saja, itulah yang harus disukseskan,”ujar rektor belum lama ini. ENG

Komentar

News Feed