oleh

Dispusaka Parmout Gelar Bikon Penyusunan JRA Subtantif

SULTENG RAYA  –  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) menggelar Bimbingan Konsultasi (Bikon) Penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Subtantif, bertempat di ruang baca umum Dispusaka Parmout, Rabu (16/620/21).

Ketua panitia pelaksana,Susanti, Ssos dalam laporannya mengatakan, sesuai Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, pada pasal 1 butir 23 yang di maksud dengan penyusunan arsip adalah kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan. Lanjut Susanti, salah satu tahapan dalam sebuah manajemen arsip adalah penyusunan JRA subtantif.

“JRA adalah daftar yang berisi sekurang-kurangnya jangka waktu penyimpanan atau retensi,”jelasnya.

Bupati Parmout diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Parmout,  Armin, SPd, MSi mengapresiasi Dispusaka Parmout yang telah melaksanakan kegiatan tersebut dan terselenggara dengan baik. Menurutnya, bimbingan dan konsultasi memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan dasar arsip bagi seluruh jajaran pemerintahan daerah.

Baca Juga :   Rujukan Pasien Covid-19 di Parmout Dibagi Tiga Zona

Lanjut  Armin, sebagai urusan wajib tentunya setiap individu, aparatur, bagian, organisasi perangkat daerah, maupun lembaga pemerintah lainnya yang menyelenggarakan urusan pemerintahan wajib melaksanakan urusan kearsipan.

“Saya berharap kepada para peserta agar kegiatan ini diikuti dengan serius agar menghasilkan ilmu kearsipan yang sangat bermanfaat,” tuturnya. AJI

Komentar

News Feed