oleh

Prof Muh Nur Ali, Jadi Anggota Baru Dewan Profesor Untad

-Pendidikan-dibaca 514 kali
SR Ads

SULTENG RAYA-Dewan Profesor Universitas Tadulako (Untad) menggelar penerimaan anggota baru, yakni Prof. Dr. Muh. Nur Ali, M.Si, bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad. Kamis (10/6/2021).

Dalam kesempatan itu, Rektor Untad, Prof. Dr. Ir Mahfudz, MP mengucapkan selamat atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kepada Muh Nur Ali sebagai guru besar atau Profesor, ini adalah guru besar pertama Untad di tahun 2021.

Kehadiran Muh. Nur Ali sebagai salah satu dari dua profesor baru di FISIP Untad, dinilai di waktu yang tepat, di saat usulan pengembangan untuk program S2 dan S3 Ilmu Sosial. Menurutnya, kehadiran profesor baru ini, sangat mendukung upaya pengembangan tersebut.

Baca Juga :   Awal Bulan Juni, SD Gamaliel Palu Akan Laksanakan Ulangan Semester

“Itu memiliki arti penting bagi sebuah institusi, ini sangat erat kaitannya dengan program S3, ini semakin mempermudah akreditasi program studi,”ujar rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Muh. Nur Ali juga menyampaikan pidato ilmiah penerimaan anggota Dewan Profesor.

Penerimaan dilakukan oleh Ketua Dewan Profesor, Prof. Merry Napitupulu, M. Sc., Ph.D, setelah mendengarkan pidato penerimaan yang disampaikan oleh Prof. Muh. Nur Ali, mengenai Psikologi Kontemporer, Melintas Batas Epistemologi, Teori dan Terapan.

Dalam pidatonya, Prof. Muh. Nur Ali yang meraih jabatan profesor dalam bidang psikologi sosial, dalam pidatonya menyampaikan, psikologi sosial perlu didorong selangkah lebih maju menjadi ilmu terapan, agar ikut andil dalam pemecahan masalah, yang saat ini telah berdimensi makro. Perkembangan peradaban saat ini kata dia, merupakan realitas yang membutuhkan imperasi baru, yang kelahirannya di bidani oleh insan-insan akademik.

Baca Juga :   Ketua PGRI Sulteng Terima Aduan dari Guru P3K

Prof. Muh. Nur Ali, putra kelahiran Poso, 58 Tahun lalu, tepatnya 24 Juni 1963 silam itu mengawali karir sebagai tenaga kerja di Untad Palu pada tahun 1988 sebagai CPNS di Unit Kerja FISIP Untad Palu, setahun kemudian 1989 terangkat sebagai PNS di unit kerja yang sama.

Di tahun yang sama, sekaligus mengawali karirnya sebagai seorang dosen dengan pangkat Asisten Ahli Madya, dua tahun kemudian, naik ke Asisten Ahli, berikutnya di tahun 1993 naik ke Lektor Muda, dengan usaha keras tanpa kenal lelah, Tahun 1995 naik ke Lektor Madya, hingga tahun 2000, suami dari Dr. Yunidar Nur, M.Hum itu meraih pangkat Lektor Kepala.

Baca Juga :   Guru SMPN 9 Palu Raih Prestasi Lomba HUT Hardiknas

Namun sayang, sempat vakum dari 2000 hingga 2020. Setelah mendapatkan dorongan dari berbagai pihak, kolega, rekan kerja dan keluarga, tepatnya 1 April 2021, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Untad ini berhasil mencapai gelar guru besar di bidang Psikologi Sosial. ENG

Komentar

News Feed