oleh

OPD di Parmout Diminta Proaktif Bahas Raperda

SULTENG RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parmout), H. Badrun Nggai meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar proaktif pada setiap pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Hal itu disampaikannya pada rapat paripurna dengan agenda penjelasan Bupati Parmout mengenai raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Parmout Tahun Anggaran 2020 di ruang rapat DPRD Parmout, Kamis (10/6/2021).

Badrun meminta, jajaran OPD khususnya OPD terkait untuk lebih proaktif terhadap pembahasan raperda yang dilaksanakan di DPRD.

Sementara, dalam penjelasan Bupati Parmout yang dibacakan oleh Wabup Badrun Nggai antara lain menyatakan,  berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka kepada daerah diberikan hak dan wewenang dalam mengurus dan mengatur urusan pemerintahannya.

Baca Juga :   TIGA TAHUN SEDEKAH,Personel Polres Parmout Bangun Rumah Imam Masjid

Lanjut Wabup Badrun, setelah APBD dilaksanakan maka sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004, Bupati selaku Kepala Daerah yang memiliki kuasa pengelolaan keuangan daerah menyampaikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD berupa laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Lebih lanjut Badrun menekankan, penyusunan laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten Parmout atas kegiatan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi keuangan pemerintah.

“Saya berharap seluruh anggota DPRD agar senantiasa memberikan sumbangsih pikiran dan masukannya untuk kesempurnaan atas laporan pertanggungjawaban anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 Kabupaten Parigi Moutong,” harapnya. AJI

Komentar

News Feed