oleh

Wujudkan Magang MBKM, Untad Jalin Kerjasama dengan IMIP

SULTENG RAYA-Menindaklanjuti kesepakatan yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MOU) dengan Universitas Tadulako (Untad), PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) melakukan kunjungan ke Universitas Tadulako pada Senin, (7/6/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka membahas terkait implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dimana salah satunya adalah program magang mahasiswal dosen di industri.

Hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP didampingi Wakil Rektor Bidang Pengembangan & Kerjasam (Bangjas), Prof Dr IrAmar ST MT serta manajemen PT IMIP yang diwakili oleh Achmanto Mendatu dan Chen Guo Hua.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Untad mengungkapkan bahwa program magang mahasiswa Untad ke PT IMIP ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik kepada mahasiswa itu sendiri maupun untuk PT IMIP.

Baca Juga :   BNN Donggala Ajak Peserta Didik Senam War On Drugs

“Seperti diketahui, bahwa IMIP adalah perusahaan internasional yang ada di Sulawesi Tengah, olehnya itu, kami berharap anak-anak kami yang ada di Tadulako dapat memperoleh pengalaman yang berharga di dunia industri melalui program magang di PT IMIP,” ujar rektor.

Selain itu, rektor juga menambahkan, bahwa bukan hanya magang mahasiswa yang diharapkan dapat terwujud dalam kerjasama dengan PT IMIP ini, namun juga magang dosen maupun kegiatan dosen lainnya seperti penelitian.

“Kehadiran Untad di PT IMIP, selain untuk berpraktek, juga diharapkan dapat memberi sumbangsih, bila ada isu-isu strategis di PT IMIP, SDM kami siap memberikan kontribusi dalam penanganannya,” tambah Prof Mahfudz.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama (Bangjas), Prof Dr Ir Amar ST MT, mengemukakan bahwa dengan adanya program magang di PT IMIP, mahasiswa Untad dapat menggali pengalaman sebanyak- banyaknya untuk mempersiapkan diri mereka di dunia kerja nanti.

Baca Juga :   Presiden Dukung Mahasiswa Kembangkan Potensi di Luar Kampus

Menurut Prof Amar, mahasiswa akan memiliki ilmu praktis bukan sekadar teoritis, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Olehnya itu, pihaknya terlebih dahulu akan memilih program studi apa saja yang memiliki keterkaitan dengan bidang keja di PT IMIP.

Untuk mensukseskan MBKM, program magang dilaksanakan di luar kampus sebagai media bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman rill dalam dunia industri.

“Harapan kami, mahasiswa kami dapat dibimbing sesuai dengan bidang ilmu mereka selama 6 bulan hingga satu tahun, nantinya pengalaman magang ini dapat dikonversi menjadi 20 SKS mata kuliah,” jelas Prof Amar.

Achmanto Mendatu, HR Manager PT IMIP, menyatakan kesiapannya dalam program magang tersebut. Pihaknya berharap, mahasiswa Untad yang mengikuti program magang nantinya dapat membangun mentalitas industri dalam diri mereka, memetakan problem-problem yang ada dan kemudian menyelesaikannya dengan praktis sesuai dengan ilmu yang mereka miliki.

Baca Juga :   Empat Program Unggulan Kembangkan Kopetensi Mahasiswa

Adapun program magang ini diharapkan akan mulai terealisasi pada bulan Agustus 2021. */ENG

Komentar

News Feed