oleh

Seleksi KI Sulteng Dibuka, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

SULTENG RAYA – Panitia Seleksi membuka rekrutmen calon komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tengah periode 2021-2025. Bagi warga Sulteng yang berminat mendaftar, wajib memenuhi sejumlah syarat administratif yang telah ditetapkan oleh tim seleksi.

Ketua Panitia Seleksi, Farida Lamarauna SE, M.Si mengatakan, saat ini  penerimaan dokumen pendaftaran sudah dibuka mulai tanggal 4 Juni 2021 sampai dengan 18 Juni 2021.

“Kami telah menetapkan sejumlah syarat umum dan syarat khusus yang wajib dipenuhi oleh calon komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah,”katanya, Kamis (3/6/2021).

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Sulteng ini menyebut syarat yang harus dipenuhi calon KI diantaranya wajib melampirkan surat pendaftaran yang ditandatangani sesuai format yang ditetapkan oleh timsel, memasukkan daftar riwayat hidup, foto berwarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 4 lembar, fotokopi atau salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat yang masih berlaku serta surat keterangan sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah.

Baca Juga :   BPJamsostek Palu-Kejari Donggala Teken MoU

Selanjutnya, melampirkan surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari keanggotaan dan jabatan pada Badan Publik apabila diangkat menjadi Anggota Komisi Informasi yang ditandatangani di atas materai, melampirkan surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu yang ditandatangani di atas materai. Melampirkan Pakta Integritas yang menyatakan komitmen melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta peraturan pelaksanaannya dan bersedia mengundurkan diri apabila terbukti tidak mampu melaksanakan tugas dan wewenang sebagaimana diatur dalam undang-undang, jika terpilih sebagai Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah periode 2021-2025, yang ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas materai.

Syarat selanjutnya, sebut Farida Lamarauna yaitu Surat Rekomendasi menyatakan pelamar memiliki kualitas dan kredibilitas, minimal dari dua tokoh masyarakat atau organisasi yang terdaftar pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat.

Baca Juga :   Kaper Erna Edukasi Penjual Ayam Soal Vasektomi

Kemudian surat keterangan pernah memimpin atau mengurus pada Badan Publik, organisasi kemasyarakatan dan/atau lembaga formal lainnya minimal tiga tahun yang ditandatangani Pejabat dan stempel instansi/lembaga terkait.

“Kemudian memasukkan surat keterangan tidak pernah atau tidak menjadi anggota/ pengurus Partai Politik dalam satu tahun terakhir yang ditandatangani serendah-rendahnya Pejabat Pimpinan Tinggi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah setempat, serta surat pernyataan tidak menjadi anggota atau pengurus Partai Politik dalam satu tahun terakhir yang ditandatangani oleh calon di atas materai,” sebut Farida.

Selanjutnya, fotocopy  Ijazah terakhir minimal sarjana strata 1 (S1) atau yang setara dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang program studinya terakreditasi, atau lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah mendapatkan penetapan penyertaan dari panitia penilai Ijazah Luar Negeri dari Kemenristekdikti.

Baca Juga :   Aplikasi Pencegah Stunting Milik Dr Rosmala dan Timnya Sukses Dilaunching

Faridah Lamarauna juga menyebutkan, khusus untuk pelamar yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), wajib menyertakan fotokopi SK Pangkat terakhir, serendah-rendahnya berpangkat Pembina golongan ruang IV/a dan pernah menduduki jabatan struktural administrator, fungsional ahli madya. Khusus untuk fungsional dosen serendah-rendahnya berjenjang Lektor Kepala atau yang disetarakan. Kemudian memasukkan surat persetujuan atasan langsung yang ditandatangani dan distempel dinas,  surat keterangan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dari pejabat yang berwenang serta bersedia cuti di luar tanggungan negara jika terpilih.

“Untuk lebih jelasnya, seluruh dokumen persyaratan dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah Jalan R.A Kartini No. 106 Palu atau melalui website https://diskominfo.sultengprov.go.id/,”  jelas Farida Lamarauna. WAN

Komentar

News Feed