oleh

LPPMP Untad Gelar Workshop Penyusunan Dokumen SPMI Tahun 2021

-Pendidikan-dibaca 220 kali

SULTENG RAYA-Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Untad menggelar “Workshop Penyusunan Dokumen SPMI – Sistem Penjaminan Mutu Internal” bertempat di Ruang Rapat FMIPA Untad, Kamis (27/05/2021) Pagi.

Ketua SPMI Untad, Dr. Afadil, S.Pd, M.Si mengatakan, workshop kali ini diperuntukan untuk meningkatan mutu 10 prodi yang bantuannya berasal dari Kemendikbud pusat.

“ Kegiatan ini adalah salah satu hibah yang diberikan oleh Kemendikbud tahun 2021 terkait program bantuan pengembangan SPMI untuk mengembangan 10 prodi yang dibina untuk peningkatan akreditasi, seperti Prodi Teknik Sipil Kampus Morowali Untad, Teknik Sipil Kampus Tojo Una una Untad, Agroteknologi Tojo Una Una, Managemen Tojo Una una, Teknik Geo Fisika, Profesi Guru, Teknik Informatika, Teknik geologi, perencanaan wilayah dan kota serta magister pendidikan sejarah,” papar Dr. Afadil.

Baca Juga :   Birokrasi Diharap Bisa Realisasikan Tuntutan Mahasiswa Fatek Untad

Dikesempatan yang sama, Ketua LPPMP Untad, Dr. Ir. Golar, S.Hut., M.Si menyampaikan agar proses penyusunan SPMI hari ini dapat sesuai dengan standar nasional yang telah ditetapkan.

Kegiatan tersebut katanya, merupaka lanjutan dari kegiatan sebelumnya, bagian program bantuan penjaminan mutu. Dimana dinamika terkait kebijakan kemutuan sangat cepat. Ketika UUD 12 tentang pendidikan tinggi serta peraturan menteri terkait dengan standard PP No. 50 tahun 2016 tentang sistem konsistensi diberlakukan semakin rinci. “Ditahun lalu terdapat permendikbud terkait standarisasi yang menjadi dasar kenapa kita perlu menyiapkan semuanya dengan serius terkait sistem penjaminan mutu kita, di situ ditegaskan bahwa sistem pembukuan tidak lagi terpaku pada dokumen saja tapi sejauh mana dokumen tersebut di implementasikan,”jelasnya.

Baca Juga :   Jelang Implementasi PTM, Peserta Didik SMPN 7 Palu Divaksin

“Oleh karena itu, apa yang akan kita susun nanti diharapkan sesuai dengan standar nasional dan kesempatan workshop ini juga sebagai salah satu bentuk dari tupoksi terkait merasionalkan dokumen-dokumen SPMI yang kita susun. Kedepan  ada potensi suatu prodi diperguruan tinggi akan di akreditasi tanpa dikunjungi dan hanya melihat dari dokumen SPMI saja sehingga kita harus  menyiapkan hal itu dengan sebaik baiknya.” Jelasnya lagi.

Pada kesempatan lainnya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor menyampaikan apresiasinya kepada LPPMP sebagai unit yang mengawal mutu pendidikan di Untad.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan apresiasi dan kebangaan kepada LPPMP yang penuh tanggung jawab memposisikan diri sebagai unit yang diberi amanah untuk mengawal mutu pendidikan di Untad. Harapannya dari semua usaha ini,  dapat meningkatkan kemutuan dari 10 prodi yang perlu ditingkatkan akreditasnya. Besar harapan kedepannya agar akreditasi seluruh prodi dapat mengalami peningkatan.” Ujar Prof. Mahfudz. */ENG

Komentar

News Feed