oleh

Untad Evaluasi Program Pertukaran Mahasiswa Permata Merdeka

-Pendidikan-dibaca 154 kali

SULTENG RAYA-Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) Merdeka Untad telah memasuki tahap monitoring dan evaluasi dilaksanakan pada hari Kamis (27/05/2021) Pagi, diikuti segenap peserta program secara online maupun offline bertempat di Ruang Media Center Untad lantai II.

Program Permata Merdeka merupakan Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara yang bertujuan membekali mahasiswa dengan kompetensi di bidangnya melalui pengambilan mata kuliah di PTN mitra.  

terdapat 42 PTN bersiap menyelenggarakan pertukaran mahasiswa secara daring yang difokuskan dalam bidang akademik, perkuliahan dilakukan secara online di perguruan tinggi tujuan. Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) MERDEKA, memberikan kesempatan kepada mahasiswa  untuk mengambil hingga 21 SKS di universitas terbaik di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Presiden Minta Mahasiswa Gerakkan Masyarakat Ikut Vaksin

Dr. Anang M Diah, M.Si.,Ph.D dalam sambutannya menuturkan bahwa  kegiatan ini untuk memantau peningkatan kapasitas pasca peserta mengikuti program PERMATA MERDEKA selama satu semester.

“Program Permata Merdeka sudah berjalan satu semester. 2 minggu lagi proses untuk menilai hasil belajar. Pada hari ini kita melakukan monitoring yang berlangsung secara virtual. Ada item-item yang berisi pertanyaan untuk mengukur kompetensi dari bapak/ibu dosen. Ada kompetensi dosen, kepribadian, kompetensi sosial dan lain-lain yang ditanyakan kepada para peserta,”ujar Anang.

“Kita juga menanyakan apakah program virtual ini nyaman dan efektif untuk menyerap materi (apakah ada penambahan wawasan, semangat dll). Rencananya program ini masih berlanjut dan pada bulan Juli 2021, ada pendaftaran mahasiswa pertukaran tanah air lintas pulau yang secara fisik mahasiswa akan diberangkatkan dan dibiayai. Semoga pertukaran mahasiswa ini membawa banyak hal positif,” ujarnya lagi.

Baca Juga :   Jelang PTM, SMPN 1 Palu Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan Sekolah

Pada kesempatan yang sama, Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Untad menyampaikan apresiasi sekaligus mengharapkan kepada Mahasiswa agar dapat mendorong motivasi mahasiswa lainnya untuk mendaftar pada program serupa.

“Tidak terasa program ini telah sampai di ujung perkuliahan. Setelah berakhir, setiap mahasiswa Untad yang outbond agar segera mengkonfersi nilainya ke mata kuliah sesuai dengan kurikulum di prodi masing-masing. Selaku Wakil Rektor, turut berbahagia karena mahasiswa telah berpartisipasi di program Permata Merdeka dimana jumlah peserta asal Untad sebanyak 97 orang,”ujar Warek.

Ia berharap, dari waktu ke waktu, semangat mengikuti pertukaran ini agar lebih besar animonya di kalangan mahasiswa. Mahasiswa memang diprogramkan untuk mengambil perkuliahan di luar kampus. Program ini jika menunjukan hasil positif, maka akan dilanjutkan kembali.

Baca Juga :   Jelang Implementasi PTM, Peserta Didik SMPN 7 Palu Divaksin

Selain itu, akan ada juga pertukaran Mahasiswa antar Negara yang sekarang sedang dalam proses seleksi administrasi dan saat ini baru ada 8 orang pendaftar/ mahasiswa untuk negara Inggris dan Amerika. “Saya berharap Mahasiswa yang mengikuti program ini dapat menjadi Mahasiswa yang memotivasi Mahasiswa lainnya untuk mengikuti program PERMATA MERDEKA. Apresiasi saya ucapkan kepada semua pihak atas kelancaran program ini,” ujar Dr. Lukman.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Mahasiswa secara online dan offline usai mengikuti program PERMATA MERDEKA selama satu semester. */ENG

Komentar

News Feed