oleh

IAIN Palu Siap Bantu Penyintas Gempa Padagimo Mengenyam Pendidikan PTN

-Pendidikan-dibaca 113 kali

SULTENG RAYA-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, siap membantu anak penyintas gempa, tsunami dan likuefaksi di wilayah Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Padagimo) untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) khususnya di kampus tersebut.

“Iya, IAIN Palu adalah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri yang membuka akses seluas-luasnya kepada seluruh komponen dan elemen masyarakat. Kampus ini milik masyarakat Sulawesi Tengah, maka setiap masyarakat memiliki hak yang sama untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi khususnya di IAIN Palu,” ucap Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Rabu (26/5/2021).

Prof Sagaf mengatakan penyintas gempa di wilayah Palu, Sigi dan Donggala menjadi satu komponen masyarakat yang berhak untuk mengenyam pendidikan di IAIN Palu.

Baca Juga :   Wali Kota Palu Resmikan Musala di SMPN 4 Palu

Prof Sagaf memahami kondisi masyarakat penyintas gempa, tsunami dan likuefaksi yang saat ini berada di hunian sementara (huntara) dan shelter-shelter pengungsian yang menjalani kehidupan sehari-hari penuh dengan keterbatasan.

Karena itu, IAIN Palu, sebut Prof Sagaf membuka akses bagi anak-anak penyintas gempa, tsunami dan likuefaksi agar bisa kuliah di kampus tersebut, dengan mengintervensi langsung biaya pendidikan.

“Iya, intervensi ini dilakukan lewat program nasional Bidikmisi yang saat ini berubah nama menjadi KIP kuliah. Program ini tujuannya agar masyarakat ekonomi menengah ke bawah dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi,” sebutnya.

Penyintas gempa, tsunami dan likuefaksi di wilayah Palu, Sigi dan Donggala yang masuk kategori ekonomi menengah kebawah, dan anaknya bersedia untuk kuliah di IAIN Palu, maka biaya kuliahnya akan diintervensi melalui program KIP kuliah.

Baca Juga :   MENDIKBUD TUGASKAN 265 DOSEN JADI DUTA KAMPUS MERDEKA, Saatnya Akselerasi Kampus Merdeka dari Dosen untuk Dosen

“Hal ini agar penyintas gempa di wilayah itu tidak lagi memikirkan tentang biaya pendidikan anaknya yang sedang kuliah,” sebut Prof Sagaf.

Hal itu menjadi satu bentuk kepedulian negara melalui IAIN Palu kepada masyarakat penyintas gempa, tsunami dan likuefaksi di Padagimo.

Lewat program Bidikmisi atau KIP kuliah setiap mahasiswa yang ekonomi menengah kebawah, setiap bulan menerima bantuan beasiswa senilai Rp1,2 juta atau Rp6,6 juta per semester.

Beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa ekonomi menengah kebawah selama delapan semester atau hingga selesai menempuh jenjang pendidikan strata satu.

“Beasiswa ini diberikan sejak mulai mereka masuk kuliah sampai mereka selesai atau sarjana,” ungkap Prof Sagaf.

Baca Juga :   3 Tim Robotech Tadulako Lolos KRI 2021 Tingkat Nasional

Saat ini IAIN Palu sedang membuka penerimaan mahasiswa baru jalur pendaftaran mandiri. Pendaftaran melalui jalur Mandiri dimulai sejak Mei ini hingga Juli 2021.*/ENG

Komentar

News Feed