oleh

Tingkatkan Kompetensi ASN, Untad Jalin Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri

-Pendidikan-dibaca 100 kali

SULTENG RAYA-Guna meningkatkan kompetensi  Aparatur  Sipil Negara (ASN) dan pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Tadulako (Untad) Palu menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah. 

Kerjasama tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang ditanda tangani pada Selasa, (25/5/2021) bertempat di aula Kejati Sulawesi Tengah. Hadir dalam kesempatan tersebut, Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP,  didampingi oleh para wakil rektor,  dekan serta ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM).

Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP dalam sambutannya menjelaskan bahwa  Untad siap mengimplementasikan poin-poin yang tertuang dalam Nota Kesepahaman tersebut. Beliau juga mengungkapkan bahwa kerjasama ini turut mendukung program yang digagas oleh Kementerian yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Baca Juga :   Jelang Implementasi PTM, Peserta Didik SMPN 7 Palu Divaksin

“Saya menyambut antusias terjalinnya kerjasama ini, saya yakin kerjasama ini dapat  memberikan  resonansi yang luar biasa. Melalui kerjasama ini, saya selaku rektor juga berharap agar mahasiswa kami nantinya dapat diberi ruang untuk mengembangkan kompetensi dengan berpraktek di Kejati,” ujar Rektor.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawei Tengah, Jacob Hendrik Pattipeilohy, SH MH dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa kerjasama ini merupakan langkah monumental, sebagai bentuk kesadaran dan pemahaman bahwa jalinan kerjasama sinergis, kolaboratif, dan lintas sektoral adalah upaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak secara lebih optimal, efektif, dan efisien.

Dalam melaksanakan peran dan fungsinya, Kejaksaan Republik Indonesia sebagai Aparat Penegak Hukum dalam melaksanakan tugasnya dalam beberapa aspek membutuhkan peran dan fungsi lembaga pendidikan terutama kemampuan dan keahlian dari para akademisi.

Baca Juga :   Presiden Minta Mahasiswa Gerakkan Masyarakat Ikut Vaksin

Oleh karena itu, Jacob menyampaikan  penghargaan dan apresiasi kepada Rektor Universitas Tadulako beserta jajarannya, atas terwujudnya jalinan kerja sama antara Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah dan Universitas Tadulako.

Secara teknis, sinergitas dan hubungan koordinasi yang tertuang dalam ruang lingkup nota kesepahaman tersebut meliputi beberapa hal. Pertama, kebutuhan ahli dalam proses penyelesaian perkara. Kedua, peningkatan sumber daya pada Kejaksaaan Tinggi Sulteng baik melalui diskusi dan seminar maupun melalui pendidikan jenjang S1,S2 maupun S3 di Untad.

Ketiga, penanganan masalah Perdata dan Tata Usaha Negara yang meliputi Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, Penegakan Hukum, serta Tindakan Hukum lainnya. Keempat, optimalisasi kegiatan pemulihan aset.

Melalui kerja sama ini diharapkan akan dilakukan upaya sinergis dalam rangka penyelamatan, pengamanan, dan penata ulang pemanfaatan aset-aset Universitas Tadulako.

Baca Juga :   HMB FMIPA Untad Jalankan Program Bina Desa

Kelima, koordinasi terkait pelaksanaan tugas, fungsi, dan program lainnya sesuai kesepakatan masing-masing lembaga.  Dan terakhir, kerjasama ini tidak hanya terfokus pada bidang keilmuan saja namun juga kerjasama dalam lingkup pelaksanaan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan Tinggi.*/ENG

Komentar

News Feed