oleh

Unismuh Palu Rencanakan Shalat Id di Kampus

-Pendidikan-dibaca 337 kali

SULTENG RAYA- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu tetap merencanakan pelaksanaan Shalat Id (Hari Raya Idul Fitri) 1442 H di dalam kampus, di Jalan Jabal Nur No.1, Talise, Mantikulore, Talise, tepatnya hari Kamis (13/5/2021).

Namun pelaksanaan shalat Id tersebut bisa dibatalkan jika nantinya ada instruksi atau surat edaran dari Pemerintah Kota Palu untuk meniadakan pelaksanaan shalat id secara berjamaah di lapangan, karena masih kondisi Covid-19. “Direncanakan (Shalat Id ) apabila tidak dilarang oleh pemerintah,”ujar Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM, Ahad (9/5/2021).

Terkait khatib, panitia telah menetapkan Dr. Mohamad Noor Hasan  M. Si mantan Wakil Rektor 3 Unismuh Palu, sementara Imam kata rektor hingga kemarin Ahad (9/5/2021) belum diumumkan oleh panitia.

Baca Juga :   MKKS Kota Palu Kini Dinahkodai Arief

Sebagaimana biasanya, kampus ini memang selalu melaksanakan shalat Id secara berjamaah di dalam kampus, baik itu Hari Raya Idul Fitri maupun pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Setiap pelaksanaan shalat Id selalu dipadati jamaah, baik itu mahasiswa, dosen, pegawai Unismuh Palu maupun masyarakat sekitar Kelurahan Talise, serta warga perserikatan Muhammadiyah.

Biasanya, momentum shalat Id berjamaah seperti itu juga kerap kali dimanfaatkan oleh pihak kampus sebagai ajang silaturrahmi antara pihak kampus dan masyarakat secara luas. “Dengan shalat Id seperti itu, masyarakat bisa datang langsung melihat kondisi kampus, sekaligus ini adalah ajang promosi kampus dan sekaligus silaturrahmi antara kampus dan masyarakat luas,”ujar rektor.

Baca Juga :   FKIP Untad Yudisium 376 PPG Dalam Jabatan Tahun Akademik 2021/2022

Kata rektor, masyarakat akademis (kampus) yang kerap kali dinilai oleh masyaraakt awam sebagai warga intelektual kelas atas, penilaian seperti itu perlu dihilangkan, agar jarak masyarakat dengan warga akademis tidak terlalu timpang, salah satunya dengan cara mendatangkan secara tidak langsung  ke dalam kampus.

“Dengan sering shalat berjamaah seperti itu, maka nilai-nilai persaudaraan antara sesama warga, sesama anak bangsa akan semakin kuat, dan salah satu harapan kita memang seperti itu, menumbuhkan nilai-nilai persaudaraan,”jelas rektor.

Rektor berharap, agar beberapa hari kedepan kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Palu semakin menurun, sehingga pelaksanaan shalat Id tersebut dapat dilaksanakan di dalam kampus. ENG

Komentar

News Feed