oleh

Ini Durasi Pencairan BPUM di Kantor BRI

-Kota Palu-dibaca 325 kali

SULTENG RAYA – Selama tiga bulan ke depan, masyarakat penerima Banpres Pelaku Usaha Mikro (BPUM) di Kota Palu akan wara wiri antre di bank penyalur bantuan usaha tersebut.

Di Kota Palu, meski bulan Ramadan, masyarakat rela antre berjam-jam hanya untuk memastikan menjadi salah satu penerima bantuan, dengan membawa persyaratan sesuai ketentuan atau sudah dalam tahap melakukan pencairan.

Mungkin di kalangan masyarakat atau penerima BPUM banyak yang bertanya, dalam proses pencairan tersebut, berapa durasi yang dibutuhkan dalam melayani satu penerima BPUM.

Pemimpin BRI Kantor Cabang (Kanca) Palu, Rits Jacobus de Fretes menjelaskan, penerima BPUM saat ini terbagi menjadi dua kelompok. Pertama, kelompok existing atau yang telah menerima sejak gelombang sebelumnya. Kedua, kelompok yang memang baru menerima pada saat ini di 2021.

Baca Juga :   Lurah Putra Canangkan Bentuk Koperasi Masyarakat di Kabonena

“Setiap hari kita batas 50 orang pengantre saja untuk yang sudah dipastikan dapat di gelombang sebelumnya. Durasi pencairan per penerima itu memakan waktu sampai 10 sampai 15 menit,” tuturnya belum lama ini.

“Sedangkan yang baru, itu masih berjam-jam per satu nasabah karena masih melakukan pembukaan buku rekening dan syarat-syarat sesuai standar operasional BRI,” ujarnya menambahkan.

Saat ini, kata dia, di kantor BRI Kanca Palu, BRI akan menyalurkan BPUM kepada penerima sebanyak kurang lebih 35.000 penerima dengan total nominal sekitar Rp40-an miliar.

Saat ditanya terkait imbas BPUM terhadap statistik kenaikan bisnis, Rits mengatakan, pihaknya mengaku tidak mendapatkan impact terhadap bisnis. Pasalnya, dana yang diberikan kepada penerima, langsung diambil hingga saldo nol rupiah. RHT

Baca Juga :   Banua Cita Sulteng, Siap Bersinergi dengan Polri Ciptakan Kamtibmas yang Kondusif 

Komentar

News Feed