oleh

Bupati Kasman Mesti Tindaklanjuti Hasil Riksus DBL

SULTENG RAYA – Untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, kuat dan berwibawa, Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng), menyarankan agar Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa menindaklanjuti hasil Pemeriksaan Khusus (Riksus) terhadap DB Lubis (DBL) yang dilakukan Inspektorat Sulteng sebagai pengawas internal pemerintah.

Hal itu disampaikan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulteng, H Sofyan Farid Lembah saat dikonfirmasi Sulteng Raya, Ahad (18/4/2021).

“Pemkab saya pikir sudah menerima dan segera melaksanakan hasil Riksus tersebut. Sangat beresiko bila Pemkab Donggala tidak melaksanakan hasil Riksus tersebut. Lima bulan adalah waktu yang sudah cukup untuk sebuah penantian,” ujar Sofyan.

Menurutnya, komitmen pemerintahan yang bersih dan berwibawa adalah pertaruhan bagi Pemkab Donggala. Sehingga, tindaklanjut Bupati Donggala terhadap kasus ini sangat dinanti-nanti oleh masyarakat.

Baca Juga :   Ketahanan Keluarga Kunci Penting Wujudkan Desa Bersinar

Lanjutnya, dalam banyak kasus, terkadang hasil Riksus diabaikan,  juga banyak putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)  tidak bisa dilaksanakan. Maka pada intinya, persoalan ini sangat bergantung pada sikap Bupati Donggala,   sejauh mana memberikan perlindungan terhadap  aparatnya.

“Dari sisi core business Ombudsman, soal ini tidak dilaporkan ke Ombudsman. Dan tentu kami menunggu laporan. Hanya sebaiknya pak bupati eloknya mau melaksanakan atau menindaklanjuti hasil Riksus tersebut,” kata dia.

Hal itu kata dia, akan sangat berpengaruh pada penegakan sebuah Pemerintahan yang bersih, kuat dan berwibawa.

“Kalau terhadap lembaga pengawas internal saja seperti Inspektorat beliau tidak tunduk, yakin saya sikap yang sama diberlakukan pada pengawas eksternal seperti Ombudsman,” ucapnya. ADK

Baca Juga :   Rutan Donggala Kembali Dibangun

Komentar

News Feed