oleh

Ramlah M Siri: Bahaya Perundungan di Sekolah

SULTENG RAYA – Kasus bullying atau perundungan sesama peserta didik di sekolah banyak terjadi di kalangan Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang disebabkan ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku dan korban perundungan.

Kepala SMPN 5 Palu Ramlah M Siri mengatakan, perundungan yang terjadi di sekolah bukan hanya melalui verbal atau lisan, tetapi ada juga perundungan lewat sikap dan perundungan dunia maya atau cyber bullying. ‘’Perundungan bukan hanya kata-kata, tapi ada juga perundungan dengan sikap, itu memang perlu kita perhatikan bagaimana kita mengatasi,’’ ujarnya Senin (19/4/2021).

Lanjut kepsek mengatakan, perundungan tersebut merupakan salah satu masalah penting di dunia pendidikan yang harus diminimalisir kerena sangat berdampak buruk pada perkembangan peserta didik dari segi fisik, intelektual, dan bahkan bisa berdampak buruk pada kesehatan mental atau psikis dari peserta didik.

Baca Juga :   Pascasarjana Ilmu Komunikasi Untad Resmi Dibuka

‘’Berdasarkan beberapa penelitian anak yang mendapatkan perundungan di sekolah, itu berdampak pada kesehatan mental. Gara gara sering dibuli di sekolah membuat dia sudah malas kesekolah, akhirnya dia sudah menghayal beberapa hayalan-hayalan yang membuat dirinya minder, yang berdampak pada hasil belajarnya,’’ kata Kepsek.

Oleh karena itu, kepsek menambahkan, salah satu cara mengatasi perundungan di sekolah dengan memperbanyak kegiatan ekstrakulikuler yang melibatkan peserta didik dan tenaga pendidik dituntut menemukan dan mengembangkan potensi dari anak didiknya tersebut.

‘’Kan siswa ini masing masing punya potensi, siswa ini unik, guru harus bisa menemukan potensi siswa kemudian mengembangkan potensi siswa itu, siswa biasanya punya kelebihan cuman karena dia tidak menemukan kelebihannya itu sehingga dia mudah dibuli temannya, tapi kalau siswa menemukan bakatnya dan kita kembangkan bakatnya, nah itu salah satu yang bisa meminimalisir perundungan itu,’’ jelasnya. MG1

Baca Juga :   Pemkot Tangguhkan KBM, Tenaga Pendidik dan Peserta Didik Tetap Semangat Jalani PJJ

Komentar

News Feed