oleh

Kurma Khalas dan Golden Paling Dicari Masyarakat

-Kota Palu-dibaca 131 kali

SULTENG RAYA – Ramadan selalu identik dengan kurma. Hal itu dikarenakan anjurannya datang langsung Rasulullah SAW.

Dari Anas bin Malik RA berkata, “Nabi SAW biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum salat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Tidak berbeda jauh dengan masyarakat pada umumnya, warga di Kota Palu juga ikut menjalankan sunnah tersebut. Hal itu dibuktikan dengan melonjakknya permintaan kurma di salah satu tokoh di Jalan Jaelangkara, Kota Palu, Toko An Nuur Muslim.

“Penjualan kurma pasti ada peningkatan penjualan, meskipun harus diakui, biasanya, hanya terjadi diawal bulan Ramadan saja. Kurma yang paling dicari adalah kurma khalas dan kurma golden,”ujar Kepala Pemilik Toko, Israh kepada Sulteng Raya, Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga :   PD Indokita Makmur Gandeng BNNK Palu Deteksi Dini Karyawan

Menurutnya, kedua jenis kurma itu memiliki tekstur lembut. Paling utama, harganya sangat terjangkau.

“Tokoh kami menjual delapan jenis kurma, tetapi hanya ada dua jenis yang banyak diminati pembeli, yakni khalas dan golden. Untuk khalas, jenisnya memiliki tekstur lembut  harga per kilogramnya Rp100 ribu dan untuk golden unggul dari buahnya yang sedikit lebih besar, harga per kilogramnya Rp80.000 per kg.  Untuk jenis kurma yang lainnya lebih mahal Rp30.000 dan tekstur sudah hampir mirip dengan dua jenis itu,” tuturnya.

Ia menjelaskan, kurma memiliki khasiat baik bagi tubuh, diantaranya menjaga gula darah, mampu ‘menjinakkan’ maag saat menjalankan ibadah puasa.

“Yang terpenting juga, aman dikonsumsi baik untuk ibu hamil, untuk pemeliharaan kesehatan dan bahkan yang memiliki penyakit maag sekalipun,”

Baca Juga :   BPKK PKS Sulteng Launching RKI di Empat Kelurahan 

Mengingat adanya peningkatan pembelian pada Ramadan, pihaknya mengaku memenuhi stok ketersediaan stok dari distributor resmi Jakarta.

“Untuk menjaga stok, kami memiliki distributor resmi di jakarta, yang menjadi langganan kami sekaligus utnuk menjaga kualitas kurma,” tutupnya. MG2 /RHT

Komentar

News Feed