oleh

Pulau Tomini, Lestari Leluhur yang Harus Dijaga Bersama

SULTENG RAYA – Pulau besar Tomini  yang merupakan bagian dari pulau-pulau Tomini saat ini dikuasai oleh swasta. Bahkan, dilaporkan  telah berlangsung pembangunan cottage di pulau seluas 1,5 Hektar itu. 

Camat Tomini, Mukmin Muharram membenarkan, adanya penguasaan swasta atas Pulau besar Tomini. 

“Untuk sementara saya sudah meminta pihak yang melakukan  pembangunan cottage, agar menghentikan aktifitas mereka. Seraya mengurus perizinannya,” ujar Mukmin Muharram, Selasa (13/4/2021).

Sementara, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parigi Moutong, bersikeras bahwa aktivitas yang berlangsung di Pulau Besar Tomini saat ini adalah ilegal.

“Saya sudah mengundang perwakilan dari pengusaha yang membangun cottage di Pulau Besar Tomini, dan mereka belum memiliki satu pun dokumen izin tentang pembangunan fasilitas disana,” ujar Kepala Bidang Pengawasan dan Penataan Lingkungan DLH Parigi Moutong, Muhammad Idrus. 

Baca Juga :   Elektabilitas Partai Naik, Motivasi Bagi Kader Demokrat

Menanggapi hal itu, Abd. Ridha Latuadjo selaku Wakil Ketua Pimpinan Daerah Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Sulawesi Tengah (Sulteng) saat berada di lokasi pembangunan cottage menanyakan langsung kepada para pekerja.

“Saya dan teman-teman lakukan Camping semalam di Pulau Tomini. Kami kaget dan sempat mempertanyakan pembangunan Cottage itu kepada para pekerja yang ada disana. Sebagai salah satu Putra Kelahiran Tomini. Saya sangat menyanyangkan bahwa kekayaan Tuhan yang dianugerahi kepada leluhur kami orang-orang Tomini, dijadikan ajang bisnis. Tentu saja hal itu akan menghilangkan kelestarian dan kekayaan yang terkandung di dalamnya,” jelas Ridha.

“Jangan sampai kebanggaan identitas akan berubah menjadi kebanggan sekelompok orang. Maka kami PPI akan berdiri paling depan bersama masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian Pulau Tomini yang kami banggakan,” tambah Abd. Ridha Latuadjo.

Baca Juga :   Polres Parmout Ungkap 28 Kasus Narkoba

Hal senada juga disampaikan Randi selaku Wakil Ketua Pimcab PPI Parigi Moutong mengatakan, Pulau Tomini itu Icon berharga masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, khususnya Kecamatan Tomini, maka siapa lagi kalau bukan kita yang segera bersuara dan bergerak buat menjaga Pulau Besar Tomini.

Selain itu, Ketua Komunitas Lestari Pulau Tomini (KLPT Parigi Moutong), Bambang Istanto juga mengutuk keras adanya pembangunan cottage itu.

“Pulau Tomini merupakan simbol kebudayaan, menjaga budaya berarti menjaga kekayaan lingkungan dan kehidupan berkelanjutan,” ujar Bambang Istanto. */YAT

Komentar

News Feed