oleh

Galungan Bertepatan Ramadan, Ketua PHDI Sulteng: Momen Tepat Saling Menghargai dan Toleransi Beragama

SULTENG RAYA – Perayaan Hari Raya Galungan tahun ini bertepatan dengan umat muslim melaksanakan puasa Ramadan.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Sulawesi Tengah, I Nengah Wandra, mengatakan, momentum itu sangat tepat untuk bisa belajar saling menghargai dan toleransi beragama.

“Hari Raya Galungan tahun ini kebetulan bersamaan dengan pelaksanaan Puasa Ramadan umat Muslim. Jadi, kami melaksanakan Hari Raya Galungan ini merupakan suatu momen yang sangat tepat bagi kita semua, untuk bisa saling menghargai dan toleransi. Tuhan sudah mengaturkan seperti itu,” ujar I Nengah Wandra kepada Sulteng Raya di Pura Agung Wanakerta Jagatnatha Provinsi Sulawesi Tengah, Jalan Jabar Nur, Nomor 03, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga :   Besok, Pelayanan Penerbitan SIM Diliburkan

Apalagi, kata dia, Hari Raya Galungan jatuh setiap enam bulan sekali itu, bermakna hari kemenangan Dharma (perbuatan baik atau kebenaran) melawan Adharma (perbuatan buruk atau kejahatan). Artinya, kata dia, perayaan kemenangan karena mampu melawan semua musuh-musuh baik musuh dari luar maupun dari dalam diri.

“Terutama yang dari dalam diri kita yang paling susah kita melawan, yaitu hawa nafsu. Tapi mudah-mudahan dengan seringnya kita berkomunikasi dengan umat, ketemu dengan umat, sering memberikan wejangan-wejangan terhadap umat, mudah-mudahan ini bisa terbias di dalam diri umat. Namun, yang terpenting makna galungan, yakni bagaimana kita bisa mengintrospeksi diri di saat hari raya,” jelasnya.

I Nengah berharap, antarumat beragama dapat saling menghargai dan toleransi satu dengan yang lainnya. Sebab, dengan saling menghargai dan toleransi akan terciptanya kerukunan beragama. NDY

Baca Juga :   Pembebasan Lahan Pembangunan Jembatan IV Butuh Rp27,5 Miliar

Komentar

News Feed