oleh

Huntap di Tompe Mulai Dibangun

-Kab. Donggala-dibaca 247 kali

SULTENG RAYA – Setelah sekian lama menunggu, akhirnya pembangunan Hunian Tetap (Huntap) relokasi mandiri penyintas Desa Tompe, Kabupaten Donggala mulai dibangun.

Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Bupati Donggala, Drs  Kasman Lassa di Desa Balintuma, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sabtu (10/4/2021).

Relawan Arsitek Komunitas (Arkom) Palu yang berada di bawah naungan Yayasan Arsitek Indonesia (YAI) bersama masyarakat Donggala penyintas di Desa Tompe Kecamatan Sirenja, membentuk kelompok masyarakat sebagai Tim Pembangunan Kampung (TPK), setelah melewati proses yang panjang pascabencana 28 September 2018.

Ketua Yayasan Arkom Indonesia, Yuli Kosworo dalam sambutannya mengaku, berbahagia  bisa berkumpul di tempat  sederhana tersebut yang sepenuhnya disiapkan oleh 15 kepala keluarga (KK) penyintas dari Tompe.

Baca Juga :   Masyarakat Walandano Antusias Ikuti Vaksinasi Akabri 1999 Peduli

“Jadi ini murni acara warga, karena sebenarnya program yang dilakukan oleh Arkom sudah selesai pada Februari, Jadi sebenarnya proses mendapatkan tanah memang  perjuangan warga luar biasa,” ujarnya.

Dimana kata dia, mencari lahan yang tepat sampai berkali-kali dan akhirnya didapatkan di Desa Balintuma dan berkali-kali juga berkonsultasi dengan Kadis PUPR Donggala dan Kadis Tata Ruang Donggala untuk memastikan lahan yang dicari warga tersebut tidak menabrak aturan yang sudah ditetapkan.

Sehingga akhirnya penyintas Tompe bersama semua stekholder yang ada di dalamnya menyepakati lahan di Desa Balentuma. Dengan beberapa pertimbangan yaitu dekat dengan jalan raya, tidak terkena rob, dekat dengan kegiatan ekonomi warga  dan luas lahan mencukupi untuk 15 KK.

Baca Juga :   PERINGATI HUT KORPS BRIMOB POLRI KE-76, Brimob Sulteng Gelar Vaksinasi dan Pengobatan Gratis Bersama Baznas

Ditambahkannya, Arkom dalam hal tersebut, memberikan pemahaman dan kapasitas kepada masyarakat supaya memahami bagaimana membangunan rumah lebih baik dari pada sebelumnya.

Sementara, Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh penyintas Tompe bersama Arkom yang mendapatkan lahan untuk pembangunan Huntap dengan skema relokasi mandiri.

Untuk itu, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Arkom Indonesia yang sudah memberikan kontribusi kepada Kabupaten Donggala atas pembangunan Huntap.

Pada kegiatan peletakkan batu pertama tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Donggala Sahlan Tandamusu, Satgas Percepatan Rehabilitasi Percepatan Sulteng, pimpinan OPD Kabupaten Donggala dan Forkopimda Kecamatan Sirenja, Tim Kementerian PUPR, Camat Sirenja serta Yayasan Arkom Indonesia beserta jaringan Arkom yang berada di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. */ADK

Komentar

News Feed