oleh

KPH Kulawi Pelatihan Mapping Drone Tingkatkan Kompetensi Anggota

-Metropolis-dibaca 819 kali

SULTENG RAYA – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kulawi menyelenggarakan Pelatihan dalam upaya peningkatan Capacity Builiding berupa training Mapping Drone di salah satu hotel di Kota Palu selama empat hari, Rabu sampai dengan Sabtu (7-10/4/2021).

Ketua Panitia Pelaksana, Heryadi mengatakan, kegiatan tersebut untuk peningkatan capacity building bidang pemetaan dengan teknologi drone bagi peserta.

“Dengan tujuan agar setiap peserta mampu dan menguasai pengoperasian drone serta aplikasinya dalam bidang tugas terkait pemetaan. Dan diakhir kegiatan diharapkan setiap peserta dapat membuat peta hasil praktek lapangan,” katanya.

Menurutnya, teknologi drone merupakan salah satu teknologi yang mudah, murah, cepat dan tingkat keakuratan yang tinggi. dalam aplikasinya. Mapping drone merupakan keniscayaan yang patut diaplikasikan dalam Pemetaan di era 4.0.pada perencanaan dan pengelolaan perhutanan sosial.

Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan selama empat hari tersebut yakni kelas indoor  teori dan praktek aplikasi serta simulasi pengolahan data dan kelas outdoor pengoperasian drone, akuisisi data dan ground checking point.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, Nahardi dalam sambutannya mengatakan, peningkatan kapasitas khususnya pegawai di ruang lingkup KPH kulawi, bisa diterapkan di masyarakat guna mengikuti perkembangan era 4.0.

“Peningkatan kapasitas dalam mendukung kerja-kerja KPH sangat dibutuhkan, apalagi teknologi ini sangat penting diketahui oleh seluruh rimbawan yang bekerja dalam perencanaan dan pengelolaan perhutanan sosial,” tutur Nahardi.

Kepala KPH Kulawi, Darwis berharap, kegiatan yang diselenggarakan dapat memberikan dampak peningkatan kapasitas para stakeholder kehutanan yang selama ini menjadi mitra KPH Kulawi dalam menjalankan program-program strategis kehutanan.

“Sehingga teman-teman staf penyuluh, dan polisi kehutanan agar siap pakai, dalam tiap kegiatan pelaksanaan di areal KPH kulawi dan juga areal perhutanan sosial di area KPH Kulawi,” ungkapnya. RHT

Komentar

News Feed