oleh

Kades di Donggala Diminta Giatkan Gotong Royong

-Kab. Donggala-dibaca 188 kali

SULTENG RAYA – Bupati Donggala, Drs.  Kasman Lassa meminta kepada seluruh Kepala Desa (Kades) untuk kembali menggiatkan budaya gotong royong.

Hal itu disampaikan Bupati saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepala Desa Tingkat Kabupaten Donggala Tahun 2021, Selasa (6/4/2021) di salah satu hotel di Kota Palu.

“Seorang Kepala Desa mempunyai tugas yang besar, bukan hanya terfokus pada program yang ditawarkan serta nominal anggaran yang diusulkan ke Pemerintah Kabupaten. Tetapi idealnya seorang Kepala Desa, harus mampu membawa masyarakatnya hidup secara layak dan menggiatkan kembali budaya gotong royong,” kata Bupati didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Abraham, Sekretaris Dinas PMD Drs. Isngadi dan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Ihlal Langundja.

Baca Juga :   Bulog: Pasar Murah di Donggala Dapat Animo Tinggi Masyarakat

Menurut Kasman Lassa, penyelenggaraan Bimtek yang dilaksanakan ini selain untuk memenuhi kewajiban Pemerintah Daerah dalam hal melaksanakan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa, juga untuk menunjang penyelenggaraan pemerintah di desa, juga sebagai salah satu agenda pemerintah daerah Kabupaten Donggala dalam hal menyahuti berbagai macam permasalahan yang terjadi di desa saat ini.

“Jadilah seorang Kepala Desa yang senantiasa mampu memegang teguh amanah dan senantiasa berkomitmen atas janji yang dituangkan dalam visi dan misi, dengan tetap bersinergi mendukung program Pemerintah Kabupaten Donggala,” tegas Bupati.

Bupati berharap, para Kepala Desa agar mengikuti Bimtek dengan baik, sehingga kedepannya di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di desa dapat melaksanakan prinsip tata Pemerintahan Desa dan pengelolaan keuangan desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif, efesien, inovatif serta bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Baca Juga :   KPU Donggala Gandeng Ombudsman Perkuat Penerapan Pelayanan Publik

Semantara, Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa, Abraham berharap, agar Kepala Desa selama mengikuti Bimtek dalam keadaan sehat dan bisa menyerap materi yang diberikan dengan baik sehingga direalisasikan di desa masing-masing.

“Kami juga berharap dengan adanya Bimtek ini para Kepala Desa dapat meningkatkan pengabdian dan kualitas dari pada pelaksanaan tugas-tugas di lapangan,” ucapnya, Selasa (6/4/2021).

Dengan begitu lanjutnya, sebagai kepala desa dapat meminimalisir segala macam permasalahan yang timbul di desa masing-masing, terlebih khusus dalam pengelolaan keuangan desa.

Diketahui, pelaksanaan Bimtek Kepala Desa ini dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu dan akan berlangsung selama empat hari dimulai 6-9 April 2021. Adapun pesertanya sebanyak 79 Kepala Desa yang ada di lingkup Pemerintahan Kabupaten Donggala. ADK

Komentar

News Feed