oleh

DLH Dorong Lurah Rutin Edukasi Pemilahan Sampah

SULTENG RAYA – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Moh Ridwan Karim, mendorong semua lurah di Kota Palu rutin memberikan edukasi kepada masyatakat, mengenai cara pemilahan dan pengolahan sampah di wilayahnya masing-masing.

Ia menyakini, saat masyarakat sudah menerapkan pemilahan dan pengolahan sampah, masalah sampah di Kota Palu dapat teratasi secara utuh.

“Kita ketahui bersama, bahwa persoalan sampah tidak ada henti-hentinya, sehingga saat ini kita perlu mencari cara bagaimana meminimalisasi dan mengurangi sampah yang ada di lingkungan kita. Salah satu caranya, mengedukasi masyarakat memilah dan mengolah sampah lingkungan,” kata Moh Ridwan Karim, saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Diseminasi Riset Timbulan Sampah diselenggarakan Ibu Foundation di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (16/3/2021).

Baca Juga :   Wawali Reny Minta Pengetatan Prokes di Sentra Kerumunan

Langkah tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan keinginan Wali Kota Palu dalam rangka mewujudkan Palu menjadi kota adipura.

“Bahkan, untuk proses penanganan sampah nantinya akan diberikan ke kecamatan dan ke kelurahan dengan tujuan agar dalam penanganan sampah dari hulu ke hilir bisa tertangani dengan baik, sehingga kita dapat meminimalisasi timbulan-timbulan sampah yang ada di wilayah kita,” ucapnya.

Jika proses pemilahan sudah terlaksana baik di tingkat masyarakat, maka DLH Kota Palu hanya akan mengangkut sisa sampah yang tidak bisa diolah ke Tepat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

“Dengan memilah dan mengolah sampah,  hal itu juga dapat mencegah TPA agar tidak membeludak dengan sampah,” jelasnya.ULU

Baca Juga :   Satgas Anti Narkoba Inisiasi Terbentuknya Kelurahan Bersinar

Komentar

News Feed