oleh

KUNJUNGI DPRD Donggala, KPK Koordinasi Program Pencegahan Korupsi

SULTENG RAYA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan kunjungan untuk audiensi dan koordinasi program pemberantasan korupsi bersama anggota DPRD Kabupaten Donggala, Rabu (3/3/2021).

Kepala Satgas Pencegahan Wilayah Direktorat IV KPK, Niken Aryati menjelaskan, KPK tidak memiliki perwakilan dari daerah. “Jadi, jika ada yang mengaku dari KPK Cabang Donggala, Cabang Sulawesi Tengah itu tidak betul. Kami secara regulasi dan perundang-undangan yang ada tidak diizinkan untuk membuka cabang. Untuk menjangkau daerah, dulu kami membentuk Satgas Koordinasi dan Supervisi,” tuturnya.

Hal itu dilakukan berdasarkan mandat yang tertuang pada regulasi untuk mensupervisi. Jadi, KPK betugas untuk mengawasi kerugian negara di atas satu miliar. Tetapi, KPK juga bisa melakukan sepervisi terhadap penanganan kasus baik di tingkat Polres dan Polda.

Baca Juga :   Bupati Kasman Mesti Tindaklanjuti Hasil Riksus DBL

“Jadi maksud dari supervise tersebut untuk mengetahui kenapa kasus tersebut tidak tuntas, apakah ada intervensi atau bocor halus. Biasanya kita masuk untuk supervise yang nilai kerugian negara besar, tapi terkait dengan penyelanggara negara kita langsung masuk,” tegasnya.

Dirinya menyebutkan, untuk Direktorat empat di seluruh wilayah Sulawesi, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. “Jadi ketika ada OTT di wilayah, kami menjadi orang pertama ditanyakan. Namun, terkait OTT kita tidak tahu-menahu, karena mereka juga punya SOP tersendiri,” terangnya.

“Kami berkoordinasi dengan bagian penindakan. Tetapi, bagian penindakan jika ada laporan dari masyarakat mereka akan jalan sendiri,” tegasnya.

Lebih lanjut kata dia, pihaknya mendorong agar pengelolaan keuangan daerah lebih akuntabel dan transparan. Sehingga, tidak ada cela untuk menyalahgunakan anggaran tersebut. Oleh karena itu, peran Inspektorat sangat penting untuk mendorong akuntabilitas daerah dalam pengelolaan keuangan. ADK

Baca Juga :   Polisi Ajak Masyarakat Cegah Radikalisme

Komentar

News Feed