oleh

Wujudkan Sinergitas Penegak Hukum, Pengadilan Negeri Donggala dan Polres Sigi Perkuat Kerjasama

SULTENG RAYA  – Sinergitas Aparat Penegak Hukum adalah sebuah keniscayaan dalam membangun kesadaran hukum dan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada masyarakat. Tanpa adanya sinergitas, tidak mungkin tercipta pelayanan publik yang prima, efektif, dan efisien.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Lalu Moh. Sandi Iramaya, S.H., di sela-sela acara Sosialisasi Inovasi Pelayanan Pengadilan Negeri Donggala dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pengadilan Negeri Donggala dan Polres Sigi, Selasa (02/03/2021) di Aula Polres Sigi.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan mematuhi protokol Covid-19 ini diisi dengan pemaparan dari Ketua Pengadilan Negeri Donggala dan Kapolres Sigi serta dihadiri para pejabat di lingkungan Polres Sigi serta para Kapolsek se- wilayah hukum Polres Sigi.

Kegiatan berlangsung dengan khidmat dan penuh dengan rasa kebersamaan antara Pengadilan Negeri Donggala dan Polres Sigi sebagai sesama lembaga penegak hukum.

Pengadilan Negeri Donggala, seperti diketahui, memiliki beragam inovasi layanan yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan Lembaga penegak hukum lain dalam mengakses layanan pengadilan.

Baca Juga :   Bupati Kasman Mesti Tindaklanjuti Hasil Riksus DBL

Diantaranya, adalah PN Donggala JOS, Aplikasi E-P3PK, serta yang teranyar, Aplikasi PAK SANDI. Kehadiran sejumlah layanan aplikasi Pengadilan Negeri Donggala semakin menambah kepercayaan diri Pengadilan Negeri Donggala dalam melayani masyarakat.

 “Masyarakat semakin maju. Teknologi juga semakin pesat. Tugas kita menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Kita tak boleh ketinggalan dan harus terus berbenah,” ujar Lalu Moh. Sandi Iramaya.

Lebih lanjut, Sandi menyampaikan bahwa sinergitas aparat penegak hukum menjadi sangat penting di masa sekarang ini.

“Kami hadir ke Polres Sigi, selain sebagai upaya mensosialisasikan layanan PN Donggala, juga sebagai bentuk silaturahim diantara aparat penegak hukum agar semakin kompak dan sinergis dalam melayani masyarakat pencari keadilan,” tutur Sandi.

Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutama, S.H., S.I.K., M.H., dalam sambutannya mengapresiasi sejumlah inovasi yang diluncurkan oleh PN Donggala.

Baca Juga :   Polisi Ajak Masyarakat Cegah Radikalisme

“Saya berpesan kepada segenap aparatur di lingkungan Polres Sigi untuk memanfaatkan semua inovasi pelayanan yang diluncurkan oleh PN Donggala. Ini adalah inovasi yang wajib kita dukung dan optimalkan pemanfaatannya,” tegas Yoga.

Disamping Sosialisasi Inovasi Layanan, PN Donggala dan Polres Sigi juga memperkuat sinergitas kedua lembaga melalui penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dalam proses permintaan perpanjangan penahanan, penggeledahan, penyitaan, dan penyerahan dokumen elektronik secara online.

Dalam perjanjian kerjasama tersebut, PN Donggala telah memfasilitasi aparat kepolisian melalui Aplikasi E-P3PK, yang merupakan sarana digital bagi para penyidik kepolisian untuk mengajukan permohonan perpanjangan penahanan, penggeledahan, dan penyitaan secara elektronik.

Seperti diketahui, di dalam ketentuan mengenai Hukum Acara Pidana, Penyidik Kepolisian wajib untuk meminta persetujuan Ketua Pengadilan Negeri dalam hal melakukan perpanjangan penahanan, penggeledahan, dan penyitaan. Selama ini, bentuk persetujuan tersebut dilakukan secara manual dimana para Penyidik Kepolisian datang langsung ke kantor pengadilan dan mengajukan permohonannya tersebut.

Baca Juga :   Bupati Donggala Bahas Rehab Rekon Bersama Wakil Menteri PUPR

“Kondisi geografis Sigi dan Donggala menjadikan kita harus terus berinovasi. Kini, jarak bukan lagi halangan bagi Bapak dan Ibu Penyidik Polres Sigi yang punya keperluan di PN Donggala. Tak perlu lagi menempuh perjalanan hingga berjam-jam lamanya untuk sampai ke kantor pengadilan. Aplikasi E-P3PK adalah jawabannya,” tegas Sandi.

Salah satu penyidik di lingkungan Polres Sigi, Briptu Ni Luh Eka Sulistiani menyambut baik Aplikasi E-P3PK PN Donggala.

“Aplikasi ini mempermudah kami sebagai Penyidik dalam melakukan penyitaan, penggeledahan, dan perpanjangan penahanan,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Sandi berharap kerjasama ini senantiasa dapat berlanjut secara berkesinambungan.

“Semoga sosilasasi inovasi layanan PN Donggala dan penadatanganan perjanjian kerjasama pada hari ini memberikan dampak positif bagi kemajuan kedua Lembaga penegak hukum ini,” tutup Sandi.***

Komentar

News Feed