oleh

IAIN Palu Diminta Berkontribusi Dalam Bangun Peradaban Melayu

SULTENG RAYA-Gubernur Sulawesi Tengah Terpilih di pilkada 2020, Rusdi Mastura meminta Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, agar berkontribusi besar dalam membangun peradaban masyarakat Melayu.

“Peran perguruan tinggi seperti IAIN Palu sangat penting untuk melahirkan orang-orang yang hebat, yang berkontribusi bangun peradaban Melayu,” ucap Rusdi Mastura saat memberi kuliah umum semester genap tahun 2021, di IAIN Palu, Selasa (2/3/2021).

Di hadapan akademisi IAIN Palu, Rusdi Mastura mengatakan bahwa puak (suku) Melayu terbesar di Indonesia, dan letaknya di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kota Palu.

Namun, hingga saat ini puak Melayu yang ada di daerah itu belum memberikan kontribusi besar terhadap peradaban manusia, bila dibandingkan dengan puak lainnya yang ada di dunia.

Baca Juga :   Selama Bulan Puasa, Aktifitas Kampus Tetap Berjalan

Karena itu, kata Rusdi Mastura, perguruan tinggi termasuk IAIN Palu sebagai salah satu tempat pembangunan manusia, harus menciptakan lulusan yang memiliki sumber daya manusia bermutu, agar bisa berkontribusi dalam membangun peradaban Melayu.

Selain itu, dia juga berharap IAIN Palu menjadi perguruan tinggi yang tidak hanya besar dari sisi bangunannya, tetapi besar dengan kualitas lulusannya, maju dan unggul dari sisi akademik dan pengabdian terhadap masyarakat. “IAIN Palu harus menjadi kampus terbesar di Sulteng, dengan tetap mengamalkan nilai-nilai Islam,” ungkap Rusdi Mastura.

Dia juga mengatakan bahwa kelak bila dirinya telah selesai dilantik sebagai Gubernur Sulteng defenitif, maka ia akan menggandeng IAIN Palu dalam hal memberantas intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Baca Juga :   Empat Tahun Terakhir, Unismuh Palu Dikembangkan Lewat Lima Program Kerja Strategis

“Salah satu strategi yang dikedepankan adalah memaksimalkan peran masjid sebagai pusat peradaban manusia, dimana masjid akan berfungsi untuk menjadi tempat kajian dan pendalaman Islam moderat. Di samping itu, ada kegiatan pembinaan dan pelatihan bahasa Arab dan Inggris di masjid-masjid,” ujarnya.

Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd mengatakan, Rusdi Mastura diberikan kesempatan untuk berbicara dihadapan para doktor dan guru besar di IAIN Palu, tentang membangun Sulawesi Tengah yang maju serta strategi implementasinya, dan civitas akademik IAIN Palu perlu mencermati dan mendalami serta menindaklanjuti gagasan pembangunan yang diutarakan oleh Gubernur Sulteng terpilih itu.

Sehingga ketika Rusdi Mastura telah dilantik sebagai Gubernur Sulteng dan menjalankan programnya, maka IAIN Palu bisa bersinergi, demi menopang dan mengembangkan daerah Sulawesi Tengah. ANT/ENG

Baca Juga :   SMPN 7 Palu Lolos Seleksi Program Sekolah Penggerak Tahap Pertama

Komentar

News Feed