oleh

Bea Cukai Gagalkan Dua Upaya Penyelundupan Rokok Ilegal di Tolitoli

SULTENG RAYA – Bea Cukai Pantoloan dalam dua pekan terakhir menggagalkan dua kali menggagalkan upaya penyelundupan rokok ilegal. Total barang yang ditegah sejumlah 1.952.000 batang rokok illegal dengan rincian 432.000 batang pada penindakan pertama dan 1.520.000 batang pada penindakan kedua.

Penindakan rokok ilegal terjadi pada 10 Februari 2021 dan 22 Februari 2021. Pada tanggal 10 Februari 2021, berdasarkan hasil surveilance tim intelijen terdapat satu kontainer di Pelabuhan Dede, Kabupaten Tolitoli yang diduga memuat rokok ilegal.

Atas informasi tersebut tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Pantoloan yang didampingi oleh pihak ekspedisi terkait membuka kontainer tersebut dan didapati rokok berbagai merek yang tidak dilekati pita cukai.

Baca Juga :   Satlantas Polres Tolitoli Sediakan Mobil Layanan SIM Keliling

Kemudian pada 22 Februari 2021, berawal dari hasil pengolahan informasi tim intelijen Bea Cukai Pantoloan, terdapat satu kontainer yang diduga memuat rokok ilegal dan dikirim melalui ekspedisi laut dengan pemberitahuan berupa General Cargo atau barang campuran.

Berdasarkan informasi tersebut, tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Pantoloan bergerak ke lokasi pembongkaran kontainer yaitu di Lorong Tiara, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli dan didapati rokok berbagai merek yang tidak dilekati pita cukai.

“Berdasarkan keterangan dari Tim Penindakan dan Penyidikan, total nilai barang yang ditegah adalah Rp1.550.400.000 dengan potensi kerugian negara sebanyak Rp798.000.000. Barang bukti berupa rokok ilegal dan truk diamankan ke Kantor Bea Cukai Pantoloan untuk pengembangan dan penyidikan,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Pantoloan, Alimudin Lisaw dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Senin (2/3/2021).*/RHT

Baca Juga :   Satlantas Polres Tolitoli Sediakan Mobil Layanan SIM Keliling

Komentar

News Feed