oleh

APLPM Desak DPRD Sulteng Hentikan Aktivitas Tambang di Parmout

SULTENG RAYA – Puluhan pemuda dan mahasiswa tergabung dalam Aliansi Peduli Lingkungan Parigi Moutong (APLPM) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (1/3/2021).

Koordinator Lapangan (Korlap), Fandi, menjelaskan, aksi tersebut dalam rangka mendesak DPRD Sulteng untuk menghentikan segala bentuk aktivitas pertambangan baik legal maupun illegal di Kabupaten Parigi Moutong (Parmout).

“Seperti yang kita ketahui, belum lama ini viral kejadian pertambangan di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo yang memakan korban. Kami melakukan aksi ini untuk menyampaikan kegelisahan masyarakat Parimo (Parigi Moutong) yakni menolak pertambangan. Masyarakat gelisah akibat pertambangan ini,” jelas Fandi.

Ia mengatakan, selain mendesak DPRD Sulteng untuk menghentikan segala bentuk aktivitas pertambangan baik legal maupun illegal, aksi tersebut juga menuntut enam hal lainnya, di antaranya, meminta DPRD Sulteng mengusut tuntas pemilik dan pemodal di balik tambang ilegal. Meminta untuk mempertanggung jawabkan korban kecelakaan tambang di Kecamatan Ampibabo.

Baca Juga :   Kepala BKPSDM Parmout Akui Keliru Lakukan Pergeseran Pejabat

Selanjutnya, meminta untuk mencopot Kapolres Parigi Moutong dan Kapolsek Ampibabo. Meminta untuk mendesak pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong untuk menolak tambang ilegal dan legal di Parigi Moutong. Mendesak DPRD kabupaten dan provinsi membuat Panitia Khusus (Pansus) terkait tambang ilegal maupun legal di Parigi Moutong.

“Yang terakhir, copot dan penjarakan semua oknum pejabat publik yang terlibat praktik tambang ilegal,” ujarnya.

Aliansi Peduli Lingkungan Parigi Moutong berharap, anggota DPRD Sulteng khususnya Dapil Parmout untuk menghentikan seluruh aktivitas pertambangan legal maupun ilegal di Parmout, karena hanya menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan lingkungan sekitar khususnya areal pertanian.

Pada aksi tersebut, Aliansi Peduli Lingkungan Parigi Moutong diterima langsung oleh Wakil Ketua III DPRD Sulteng, Muharram Nurdin. Anggota DPRD Sulteng Dapil Parmout, Ibrahim Hafid dan Moh Nur Dg Rahmatu serta Anggota DPRD Sulteng Dapil Donggala-Sigi, Marlelah. NDY

Baca Juga :   Kepala BKPSDM Parmout Akui Keliru Lakukan Pergeseran Pejabat

Komentar

News Feed