oleh

Rapat Perdana, Wali Kota Hadianto Bahas Program Piroritas

SULTENG RAYA – Hari pertama masuk kantor, Senin (1/3/2021), Wali Kota Palu, Hadianto didampingi wakilnya, dr Reny A Lamadjido langsung melakukan sejumlah kegiatan.

Salah satunya, rapat perdana membahas program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Palu di bawah kepemimpinannya hingga 2024 mendatang bersama seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot Palu di ruang pertemuan Bantaya, area gedung Kantor Wali Kota Palu.

Sejumlah program prioritas pembangunan Kota Palu yang dibahas diantaranya, ekonomi, sosial kependudukan, infrastruktur, layanan dasar, lingkungan dan birokrasi.

Wali Kota Hadianto menyampaikan, barometer keberhasilan pemerintah daerah dalam peningkatan ekonomi diukur dari seberapa besar pendapatan daerah itu sendiri. Sehingga hal tersebut berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :   BPOM di Palu Tidak Temukan Takjil Berbahan Kimia

“Kemudian, aspek sosial kependudukan, bagaimana cara memberdayakan masyarakat, dengan beberapa program. Diantaranya, UMKM, padat karya maupun dana bantuan sosial kependudukan lainya. Dalam hal ini, program padat karya tetap dilanjutkan, namun akan merasionalisasikan anggaran dengan se-efesien mungkin,” jelas Wali Kota Hadianto.

Selanjutnya, melakukan koreksi pola pekerjaanya aspek infrastruktur, dengan melaksanakan pembangungan ekstra pascabencana alam. Seperti perbaikan jalan, pemukiman masyarakat terdampak gempa bumi, tsunami dan likuefaksi.

Diantaranya, kata dia, pembangunan gedung perkantoran Pemkot Palu hingga saat ini masih banyak belum memilik kantor sendiri.

“Untuk layanan dasar, akan menyasar pendidikan, kesehatan, keamanan dan ketertiban, hingga penanggulangan narkoba di kalangan remaja,” katanya.

Terkait aspek lingkungan, ia menyoal penetapan zonasi rawan bencana di Kota Palu. Menurutnya, sistem tersebut tidak efektif diberlakukan. Karena, akan berdampak pada masuknya investasi ke daerah.

Baca Juga :   Masyarakat Palupi Diimbau Patuh Prokes Saat Beribadah di Masjid

“Menyangkut birokrasi, akan melakukan kondusivitas di lingkup kerja pemerintahan. Diantaranya, melakukan audit APBD (anggaran pembangunan dan belanja daerah) Kota Palu sebelumnya. Untuk mengetahui seberapa optimalnya sistem progres yang telah berjalan dengan baik,” tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Hadianto didampingi wakilnya, dr Reny Lamadjido memimpin apel perdana dihadiri kepala OPD serta pejabat setingka eselon III dan IV di lingkungan Pemkot Palu di halaman gedung Kantor Wali Kota Palu.

Wali Kota Hadianto berpesan pentingnya pembiasaan disiplinan bagi pegawai serta memupuk rasa kebersamaan sesama Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Palu.

“Mulai besok, jam 07.15 sudah harus masuk kantor. Tidak perlu masa transisi untuk jam kantor ini, karena ini sudah lama. Saya tekankan pukul 16.00 Wita waktu kantor sudah selesai. Marilah kita kerja sama yang baik,” katanya.

Baca Juga :   Gubernur Sulteng: Mari Cintai Zakat

Dalam kesempatan tetsebut, Wali Kota Palu meminta kepada semua pegawai, untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan pulang ke rumah bersama keluarga, lalu membuat perencanaan yang baik untuk waktu kerja esok harinya.

“Hal itu agar besoknya itu bisa bangun pagi dan masuk kantor sesuai yang dijadwalkan,” tuturnya. HGA

Komentar

News Feed