oleh

IZI Salurkan Donasi Bagi Keluarga Korban Longsor Tambang Buranga

SULTENG RAYA – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sulteng bersinergi dengan Klinik Agung Palu, menyalurkan bantuan berupa paket sembako bagi warga terdampak longsor di lokasi tambang, di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Ahad (28/2/2021).

Dalam aksi kali ini, IZI membagian sebanyak 30 paket sembako kepada keluarga korban berasal dari sejumlah desa dekat dari lokasi tambang.

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala IZI Sulteng, Sabiin Sy Lanta, mengatakan, sesampainya di lokasi, warga sudah berada di titik kumpul dan bersiap menerima bantuan tersebut.

“Adapun yang tidak sempat hadir akan dibantu aparat desa setempat dalam penyalurannya, tidak ada kendala dan hambatan yang berat ditemui. Alhamdulillah proses penyaluran berjalan dengan baik dan lancar,” kata Sabiin.

Baca Juga :   15 KK di Birsel Terima Dana Stimulan Tahap II Lanjutan

Setelah kegiatan selesai, kata dia, tim secara bersama-sama menuju lokasi dan menyaksikan proses evakuasi dilakukan tim basarnas. Diduga masih ada sejumlah korban belum ditemukan di lokasi tersebut.

Hal tersebut dilihat masih terdapat beberapa sepeda motor milik penambang masih berada di sekitar lokasi kejadian.

“Masih berada di dalam (tertimbu). Jika disesuaikan dengan data setempat yang diperoleh, bahwa sebagian dari korban belum ditemukan,” jelasnya.

Dengan adanya peristiwa tersebut, sepatutnya menjadi perhatian berbagai pihak, agar lingkungan dan alam haruslah tetap dijaga dan dirawat. Tidak lagi terjadi serupa dikemudian hari.

“Kerusakan yang terjadi kebanyakan disebabkan manusia itu sendiri. Mengeruk habis-habisan sumber daya alam, seperti emas di dalam tanah, tanpa mau melihat dampaknya, ini bisa membuat kerusakan dimana-mana, dan itu bisa mencelakan banyak orang,” ucapnya.

Baca Juga :   2.037 Orang Daftar Calon Personel Polri di Sulteng

Tapi situasinya saat ini semakin sulit terkontrol, apalagi adanya masa pandemi, yang dampaknya hampir semua orang merasakan.

“Semoga, warga yang terdampak diberi ketabahan, dan kekuatan. Serta bantuan yang telah diberikan bisa meringankan sebagian beban mereka, walau hanya sedikit,” katanya. RHT

Komentar

News Feed