oleh

Palu Punya Produsen Telur ‘Raksasa’, Peternak Akui Belum Terekspos

SULTENG RAYA – Ternyata Kota Palu memiliki pelaku usaha produsen telur cukup besar dan memiliki produksi harian sangat besar.

Produksi telur itu dikelola oleh kelompok bersama Koperasi Saudara Unggas Mandiri di Jalan Montara, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. Usaha produsen telur itu bahkan mampu memproduksi 4.000 sampai 4.500 rak per hari.

Ketua Kelompok dan Koperasi Saudara Unggas Mandiri, Rustam mengatakan, pihaknya beserta anggotanya sebenarnya produksi telur telah dipasarkan ke sejumlah daerah di Sulteng dan beberapa provinsi lain.

Namun, diakuinya dalam beberapa kesempatan ketika permintaan menurun, mereka kesulitan menyalurkan produksi yang akhirnya sampai menumpuk.

Untuk itu, Rustam meminta Pemerintah untuk membantu mereka setidaknya pada promosi, sehingga dapat diketahui secara merata di seluruh daerah di Sulteng dan pasar nasional untuk memudahkan distribusi produksi.

Baca Juga :   Galungan Bertepatan Ramadan, Ketua PHDI Sulteng: Momen Tepat Saling Menghargai dan Toleransi Beragama

“Ini belum terekspos, paling masih dari mulut ke mulut. Pemerintah sesekali datang di sini, hanya kalau memastikan stok ada atau tidak, tersedia atau tidak. Kami sebenarnya tidak masalah, tapi kami minta juga bantu kami mempromosikan usaha kami, karena produksi banyak. Kadang menumpuk,” kata Rustam kepada Sulteng Raya pekan lalu.

Rustam sesumbar berani mengatakan, tidak ada produsen lain di Kota Palu bahkan Sulteng melebihi produksi mereka, dikelola 250 pekerja dengan jumlah kandang sebanyak 80 itu.

“Karena kalau kurang permintaan, kadang kita kebingungan mau jual ini kemana. Kita juga tidak datang menawarkan, pembeli itu datang sendiri, sehingga belum maksimal. Jadi kalau menumpuk, uang tidak ada, susahnya mau putar untuk beli pakan, apalagi sekarang pakan mahal. Sementara ini, dari Toli-toli, Kotaraya, Gorontalo, Manado, Poso, Parigi, baru itu daerah yang ambil di kita,” tuturnya.RHT

Baca Juga :   Purnatugas, Rusman Langke ke ASN Kemenag: Jaga Selalu Kekompakan

Komentar

News Feed