oleh

SPAM Regional Palu Ditarget Selesai 2023

SULTENG RAYA – Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Palu bersumber dari Sungai Pakuli, Sigi ditargetkan selesai pada 2023 mendatang.

Direktur Perusahaan Daerah Air  Minum (PDAM) Palu, Alfian Rustin, mengatakan, pembangunan sistem perpipaan yang ditargetkan menjangkau hingga ke seluruh wilayah Kota Palu itu, digadang-gadang akan menjadi awal baik dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Palu.

“Kalau informasi yang kami dapatkan dari tim konsultan ADB (Asian Develpoment Bank) SPAM Regional Palu, proses perencanaannya selesai pada Maret 2021 mendatang. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan pelelangan dan pengerjaan. Ditargetkan, pada tahun 2024, tidak ada lagi pembangunan. Artinya sudah klir sebelum 2024,” jelas Alfian Rustin kepada Sulteng Raya, Jumat (26/2/2021).

Baca Juga :   19 Ranmor di Palu Diamankan di Malam Ramadan

Menurutnya, berdasarkan hasil kajian tim konsulten ADB SPAM Regional Palu, sumber air pakuli mampu menyuplai debit air 430 liter hingga 600 liter per detik.

“Kalau ini terealisasi, maka dipastikan kebutuhan air bersih untuk seluruh rumah dari Watusampu hingga Pantoloan akan terpenuhi selama 24 jam non stop,” jelasnya.

Ia menerangkan, pada pembangunan sistem perpipaan, ADB sekaligus membantu menyambukan 25.000 sambungan rumah.

“Proyek itu sekaligus membantu 25.000 sambungan rumah baru. Selebihnya, sekitar 62.000 rumah menjadi tugas kita Pemerintah Kota Palu kedepan. Saat ini, jumlah pelanggan PDAM Palu baru sekitar 8.000 lebih dari sekitar 90.000 lebih potensi pelanggan di Kota Palu,” katanya.

Selain membangun jaringan pipa untuk kebutuhan air bersih masyarakat, proyek pembangunan SPAM Regional Palu itu juga direncanakan akan mebyediakan hydrant alias sumber air bagi pemadam kebakaran di setiap sudut kota.

Baca Juga :   Polsek Palu Barat Amankan 50 Unit Ranmor

“Rencananya, setiap 500 meter ada hydrant. Tujuannya, petugas pemadam kebakaran mudah mendapatkan pasokan air saat terjadi kebakaran,” ucapnya. HGA

Komentar

News Feed