oleh

Lagi, Unismuh Palu Masuk Daftar Kampus Terbaik

SULTENG RAYA- Lembaga pemeringkatan pendidikan tinggi yang berbasis di Australia, uniRank (4ICU), kembali menempatkan Kampus Biru Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Dari 577 kampus yang masuk dalam daftar kampus terbaik di Indonesia versi uniRank, kampus biru ditempatkan dalam urutan ke-251 setelah menyusul Universitas Tadulako pada urutan ke-80 dan Unismuh Luwuk Banggai urutan ke-223.

“Alhamdulillah, uniRank kembali memasukan kita sebagai kampus terbaik di Indonesia, setelah sebelumnya kita ditempatkan sebagai kampus Islam terbaik. Ini tidak main-main, tentu mereka punya dasar untuk memberikan penilaian itu,”ujar Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM. Kamis (25/2/2021).

Setelah sebelumnya juga lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities memasukan Unismuh Palu dalam daftar universitas terbaik di Indonesia.

Baca Juga :   Selama Bulan Puasa, Aktifitas Kampus Tetap Berjalan

Namun kata rektor, pencapaian itu tidak boleh disambut secara berlebihan, apalagi terlena dengan apa yang telah dicapai saat ini, mengingat masih banyak perguruan tinggi yang ada di atas Unismuh Palu. Artinya masih hanyak perlu dibenahi dan ditingkatkan.

Hal-hal yang masih perlu dibenahi dan ditingkatkan itulah kata rektor sebagai Pekerjaan Rumah  (PR) yang terus dikenjot. “Untuk itu tidak boleh berpuas diri, harus terus bergerak melakukan pembenahan,”ujarnya.

Terlebih kata rektor, kedepan ada pemeringkatan yang dilakukan oleh Kemendikbud melalui DirjenDikti dan dirilis setiap tanggal 18 Agustus tiap tahunnya.

Rektor berharap, kampus biru juga masuk dalam bursa kampus terbaik dan masuk dalam urutan peringkat yang memuaskan.

Baca Juga :   Empat Tahun Terakhir, Unismuh Palu Dikembangkan Lewat Lima Program Kerja Strategis

Terdapat tiga kriteria utama sebuah perguruan tinggi (PT) dapat diikutsertakan dalam penilaian 4ICU. Pertama, terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau daerah setempat. Misalnya, di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kedua, PT yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (sarjana) dan/atau Pascasarjana, baik tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3).

Ketiga atau terakhir, PT yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka, atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswanya.

Sementara metode peneliananya menjadikan website universitas atau institut sebagai bahan penilaian. ENG

Komentar

News Feed