oleh

BBTNLL Monitoring Bantuan Usaha Produktif di Sigi

SULTENG RAYA – Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) melakukan kunjungan ke Desa Marena, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi dalam rengka melakukan monitoring dan evaluasi hasil dari bantuan peningkatan ekonomi produktif diberikan pada 2020 lalu, Selasa (23/2/2020).

Desa Marena merupakan desa yang masih memegang teguh adat serta pengaplikasian kearifan lokal dalam pengelolaan dan pemanfaatan hasil hutan yang lestari.

Mendukung hal tersebut, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) telah memberikan bantuan peningkatan ekonomi produktif pada kelompok masyarakat hukum adat, untuk dimanfaatkan mengembangkan usaha berbasis kearifan lokal dan kelestarian itu.

Kepala BBTNLL, Jusman, menyampaikan, saat ini usaha yang dikembangkan berjalan dengan baik, dengan hasil antara lain kerajinan dari bahan baku rotan dan minuman herbal kelompok wanita Desa Marena.

Baca Juga :   BPOM di Palu Galakkan Pengawasan Pangan Olahan

Ia berpesan, masyarakat di lokasi itu menyiapkan generasi penerus untuk menyikapi perkembangan zaman, terutama terkait pelestarian adat budaya serta alam.

“Evaluasi dan monitoring berkala ini, merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat agar dapat tercapai target dan meminimalisasi kendala yang terjadi,” kata Jusman melalui keterangan tertulisnya kepada Sulteng Raya, Rabu (24/2/2021).

Sementara itu, Kepala Desa Marena, Nixen Antarixa Lumba, menyampaikan terimakasih atas bantuan pengembangan usaha produktif tersebut. Ia berseta masyarakat berkomitmen tetap memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang kaya di desa mereka secara bijaksana, mengedepankan prinsip hutan lestari.

“Masyarakat dapat meningkatkan ekonomi mereka dengan memanfaatkan hasil hutan bukan kayu secara arif dan lestari, semoga kerja sama ini berkesinambunganm,”tuturnya.

Baca Juga :   Aplikasi Perpanjangan SIM Online Diluncurkan

Turut hadir, Kepala Bagian TU BBTNLL, Ketua Dharmawanita persatuan BBTNLL dan Kepala BPTNW I Saluki beserta jajaran. RHT

Komentar

News Feed