oleh

Irmayanti: Segera Melapor Jika Menemukan Bayi Terlantar

-Kota Palu-dibaca 677 kali

SULTENG RAYA – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, mengimbau, apabila masyarakat menemukan bayi terlantar agar segera lapor ke DP3A maupun pihak terkait lainnya.

“Kalau misalnya menemukan bayi, cepat harus dilaporkan ke kepolisian, dinas sosial atau ke kami (DP3A) karena anak-anak ini punya hak, yakni hak kasih sayang dan pengasuhan,” ujar Irmayanti Pettalolo kepada Sulteng Raya, Rabu (24/2/2021).

Ia menjelaskan, hal itu dilakukan sebagai upaya mewaspadai terjadinya perdagangan anak, sehingga setiap anak ditemukan harus dilaporkan. Karena, Negara berkewajiban untuk melakukan pengasuhan terhadap anak-anak yang ditelantarkan.

“Jangan kalau menemukan bayi kemudian merasa bayi itu miliknya dan tidak melapor, itu tidak boleh. Jadi bukan berarti dia yang mendapatkan kemudian berhak untuk memiliki anak itu,” ujarnya.

Baca Juga :   Pemkot Palu Realisasikan Bantuan PPG PAI

Irmayanti mengatakan, apabila nantinya orang tua sang bayi tidak didapatkan, maka yang berhak pertama adalah keluarga terdekat untuk melakukan pengasuhan.

Kalaupun nantinya masyarakat yang menemukan bayi memiliki niatan untuk mengadopsi, maka akan dilakukan sesuai prosedur dan peraturan berlaku. Hal itu sebagai bentuk kepedulian dan kewajiban Negara untuk memastikan anak tersebut diasuh dengan tepat, aman dan memastikan masa depan anak bisa terjamin.

“Kalau toh mau melakukan pengangkatan terhadap anak itu ada prosedur ataupun ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan oleh aturan-aturan, tidak boleh asal angkat anak. Kalau dulu aturan memang belum seketat saat ini. Banyak yang mendapatkan anak kemudian tidak melaporkannya, dia ambil menjadi anak angkatnya. Namun sekarang p roses adopsi anak begitu ketat dan memakan waktu yang sangat lama,” tuturnya. NDY

Baca Juga :   Jelang Pra Popnas Zona V, Dispora Sulteng Gelar Bimtek

Komentar

News Feed