oleh

Sekjen Kemenag RI Resmikan Lima Gedung Baru Kampus II IAIN Palu

SULTENG RAYA Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Prof.Dr. H. Nizar, M.Ag meresmikan Lima Gedung Baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, di Kampus II  Sigi, Sabtu (20/2/2021).

Dengan diresmikannya lima gedung baru itu, Kampus yang berlokasi di Desa Pombowe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah itu, kini telah memiliki tujuh buah gedung berlantai tiga, dan Sabtu (20/2/2021) kemarin diresmikan lima diantaranya. Empat gedung kuliah dengan jumlah 48 kelas ditambah satu gedung layanan terpadu.

Bangunan tersebut merupakan hasil pembiayaan dari proyek skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), peresmian itu ditandai dengan penandatanganan Prasasti dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan tinjauan gedung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Prof.Dr. H. Nizar, M.Ag, Wakil Gubernur Sulteng Rusli Baco Dg. Palabbi, Plh, Bupati Sigi Moh Basir, dan didampingi Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. Sagaf S Pettalongi, M.Pd.

Baca Juga :   57 Sekolah di Wilayah II Siap Laksanakan Tatap Muka

Kata rektor, dipastikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ditahun 2021 ini sudah berkantor di kampus II, dan secara bertahap akan memindahkan mahasiswanya sejumlah 2 ribu lebih dari kampus I Diponegoro Palu ke Kampus II Sigi.

“Kebetulan jumlah mahasiswanya yang terbesar, sekitar 2 ribu 7 ratusan lebih dari total 9 ribuan mahasiswa IAIN Palu,”jelas rektor.

Sementara itu, Sekjen Kemenag RI Nizar berharap, sebagai satu-satunya kampus Keagaaman Islam Negeri yang ada di Sulawesi Tengah, harus bisa terus menunjukan eksistensi dirinya dan mengembangkan keilmuan, dan meningkatkan peran dan fungsinya di masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya secara spesifik masyarakat Kabupaten Sigi.

“Karena kehadiran peran civitas IAIN Palu tentu sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat,”ujar Nizar.

Baca Juga :   Tiga Mei Sekolah Di Palu Buka, Kadisdikbud Harap Semua Sekolah Laksanakan KBM Tatap Muka

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Palabbi berharap gedung pendidikan kampus II di Kabupaten Sigi itu tahan terhadap gempa, tidak hanya megah dari sisi arsitekturnya tetapi  bangunan tersebut juga mesti aman melindungi orang-orang yang akan beraktivitas di dalamnya.

“Perlu dipastikan, bahwa bangunan ini kokoh dan tahan terhadap goncangan gempa, karena tidak bisa dipungkiri kita tinggal di daerah rawan gempa,” harap Wagub.

Wagub juga berharap kepada IAIN Palu, akan merawat sarana penunjang gedung yang ada, sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang dan mampu memberikan pelayanan lebih baik.

Sementara itu Plh. Bupati Sigi. Moh Basir memastikan pemerintah Kabupaten Sigi selalu siap membantu proses pengembangan kampus II IAIN Palu tersebut. Partisipasi Pemerintah Kabupaten Sigi itu adalah bagian dari bentuk kesyukuran karena wilayah Kabupaten Sigi dipilih sebagai tempat pembangunan kampus II IAIN Palu.

Baca Juga :   Akademisi Untad, Sayangkan PP Nomor 57 Hilangkan Pendidikan Pancasila

“Bersyukur dengan dibangunnya kampus II IAIN Palu di Sigi, sebagai bentuk kesyukuran, pemerintah Kabupaten Sigi siap membantu proses pembangunannya,”ujar bupati.

Kampus II Sigi sendiri saat ini terus dilakukan pengembangan pembangunan dengan luasan lahan saat ini 21 Hektar yang sudah bersertifikat, dan sesuai penyampaian bupati ke rektor akan menyusul sekitar 41 hektar hibah dari Pemerintah Kabupaten Sigi. ENG

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed