oleh

Idham Ibrahim Apresiasi Pembentukan Kampung Tangguh di Morut

SULTENG RAYA – Pelaksana Tugas Harian (Plh) Bupati Morowali Utara Musda Guntur kembali meresmikan dua Desa di Daerah setempat sebagai kampung tangguh untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19. 

Kedua Desa ini antara lain Desa Bunta Kecamatan Petasia Timur dan Desa Ungkea Kecamatan Petasia Timur, pembetukan kampung tangguh ini merupakan program Polres Morowali Utara dan Polsek Petasia serta Pemerintah Kabupaten menindaklanjuti perintah Kapolri tentang terobosan pilotprojek kampung tangguh nusantara. 

Peresmian kedua Desa ini dilakukan pada Jumat (19/2/2021) setelah sebelumnya dua Desa lainnya terlebih dulu diresmikan pada Kamis.

Kampung tangguh tersebut diyakini dapat menekan angkah penyebaran virus Corona di Daerah itu dimulai dari wilayah terkecil.

Baca Juga :   Pemkab Morut Alokasikan Rp42 Miliar Biayai Penanganan Covid-19

Wakil Ketua DPRD Morowali Utara Idham Ibrahim mengapresiasi program kampung tangguh ini yang tentunya sebagai ujung tombak Pemerintah untuk mengendalikan pandemi Covid-19, besar harapan dengan adanya kampung tangguh ini akan berpengaruh terhadap penurunan angkah positif Covid-19 di wilayah itu.

“Kita semua harapkan dengan adanya kampung tangguh seperti ini Morowali Utara bisa Zero Covid-19 dan kembali menjadi zona hijauh” ujarnya, Jumat.

Ditetapkannya suatu Desa sebagai kampung tangguh tentunya ditunjang beberapa sarana prasarana pendukung yang dapat mencegah dan mengendalikan virus Covid-19 diantaranya, pos penjagaan (memantau keluar masuknya masyarakat), rumah isolasi, pusat kesehatan Desa, dapur umum, lumbung pangan dan lainnya.

“Dengan adanya sarana prasarana, apabila terdapat masyarakat yang terpapar penyakit Covid-19 dapat segera tertangani dengan cepat dan memudahkan pemerintah untuk mengendalikan penyebaran yang lebih luas lagi,” ujarnya.

Baca Juga :   Polda Sulteng Kirim 2 SSK Amankan PSU di Morut

Untuk itu, DPRD Morowali Utara berkomitmen sepenuhnya mendukung program ini dan berharap akan lahir lagi kampung tangguh lainnya di Daerah itu.

“Khusus Desa yang sudah ditetapkan menjadi kampung tangguh kita akan siapkan dana stimulan,” jelasnya.

Kapolres Morowali Utara AKBP Bagus Setiyawan mengatakan kampung tangguh tersebut sebagai bentuk antisipasi mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan memaksimalkan peranan masyarakat di tingkat paling bawah. 

“Kami akan memaksimalkan pembentukan kampung tangguh di Morowali Utara. Keberadaan kampung tangguh ini selain menjaga kesehatan/ juga menjaga keamanan serta membantu warga yang terdampak,” imbuhnya.

Sementara itu, Plh Bupati Morowali Utara Musda Guntur mengatakan pemerintah Kabupaten Morowali Utara mendukung sepenuhnya program kampung tangguh Momoiko tersebut sebagai salah satu wujud berjalannya penanganan Covid-19 di Morowali Utara. “Kami sangat apresiasi semoga Desa yang lain menyusul,” katanya. VAN

Baca Juga :   Disdukcapil Morowali Terima Penghargaan Gubernur

Komentar

News Feed