oleh

Sugeng Salilama Bakal Dicopot Dari Jabatan Wakil Ketua DPRD Parmout

SULTENG RAYA – Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong (Parmout) yang juga Ketua DPC PDI Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Parmout, Sugeng Salilama akan segera dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Parmout.

Pencopotan itu dilakukan setelah Sugeng Salilama ditahan di Lapas Olaya karena ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Parmout dalam kasus dugaan korupsi pengadaan aset di Dinas Kelautan dan Perikanan Parmout tahun 2012.

Selain itu Sugeng juga akan diberhentikan sementara sebagai anggota DPRD Parmout hingga ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPD PDIP Sulawesi Tengah, Muharram Nurdin di Parigi, Senin (15/2/2021).

Muharram menegaskan, percepatan proses pencopotan Sugeng Salilama dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Parmout dan pemberhentian sementara sebagai anggota DPRD Parmout menandakan bahwa tidak ada pengecualian terhadap siapa pun  kader PDIP yang terjerat dengan kasus hukum, apa lagi kasus dugaan kasus korupsi .

Baca Juga :   Sembilan Jabatan Eselon II Segera Dilelang

Dalam artian PDIP tidak mentolerir jika ada kadernya yang terjerat kasus korupsi. Hanya saja ,kata Muharam untuk kasus yang menjerat Sugeng terjadi tahun 2012 saat yang bersangkutan belum menjadi anggota DPRD dan Ketua DPC PDIP Parmout.

“Karena kasusnya terjadi sebelum yang bersangkutan menjadi anggota DPRD dan Ketua DPC sehingga butuh waktu untuk memprosesnya, kecuali yang bersangkutan tertangkap tangan maka tidak ada tolerir langsung dipecat,” jelas Muharram. 

Terkait dengan pencopotan Wakil Ketua DPRD Parmout, Muharram mengatakan akan segera melaporkan hal itu ke DPP PDIP sehingga proses pengisian jabatan bisa lebih cepat dilakukan. Apalagi jabatan Wakil Ketua DPRD katanya tidak boleh kosong sebagaimana yang diatur dalam aturan perundang-undangan.

Baca Juga :   Pembangunan GOR di Parigi Bakal Dilanjutkan

Hanya saja siapa yang akan ditunjuk mengisi jabatan Wakil Ketua DPRD Parmout, Muharram mengaku belum mengetahuinya karena merupakan keputusan DPP PDIP.

Dalam kunjungan ke Parigi, Muharram melakukan pertemuan dengan sejumlah pengurus DPC PDIP Parmout  dan menjenguk Sugeng Salilama di lapas Olaya. Selain itu, Muharram juga melakukan pertemuan dengan Badan Kehormatan (BK) DPRD Parmout membahas persoalan tersebut. AJI

Komentar

News Feed