oleh

Suksesi Kepemimpinan Unismuh Palu, Senat Kirim Tujuh Nama Minta Pertimbangan ke PWM Sulteng

SULTENG RAYA-Senat Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, pekan kemarin telah menetapkan Tujuh nama yang lolos sebagai calon rektor Unismuh Palu periode 2021-2025.

Ketujuh nama itu, masing-masing Dekan Fakultas Ekonomi Unismuh Palu, Dr. Farid, SE., MM,  Dekan Fakultas Hukum Unismuh Palu, Dr. Osgar S Matompo S.H.,M.H.CLA,  Dekan Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Dr. Taufan Samudin. Petahan Rektor Unismuh Palu Dr. Rajindra, SE., MM, Wakil Rektor II Unismuh Palu. Dr. Ali Supriadi, SE., MM., Ketua Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Unismuh Palu. Dr. Mustamin Idris, dan  Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Palu. Dr. Sri Jumiati.

Setelah ditetapkan sebagai calon, kini ketujuh nama itu telah dikirim ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulteng untuk dimintakan pertimbangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) masing-masing calon.

Baca Juga :   Kualitas Dosen Kunci Utama Mensukseskan MBKM

PWM memiliki waktu maksimal 14 hari untuk memberikan pertimbangan setelah nama-nama itu dikirim. “Sudah kita kirim, tinggal menunggu proses dan hasil pertimbangan di PWM, dan pertimbangan PWM itu menjadi salah satu hal terpenting oleh Senat dalam pemilihan rektor,”jelas Ketua Senat Unismuh Palu. Dr. Rajindra, SE., MM. Ahad (7/2/2021).

Pertimbangan PWM kata Rajindra, merupakan salah satu rangkaian dalam pemilihan rektor di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), bahkan senat tidak dibenarkan melakukan pemilihan rektor tanpa meminta pertimbangan dari PWM. “Itu (pertimbangan AIK) penting, karena ini (Unismuh Palu) adalah amal usaha milik perserikatan Muhammadiyah, PWM adalah perpanjangan tangan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, sehingga setiap calon rektor harus mengantongi pertimbangan AIK dari PWM,”jelas Rajindra.

Baca Juga :   Lagi,Untad Amankan Peserta UTBK Pengguna Joki

Lebih lanjut kata Rektor Unismuh Palu ini, setelah hasil pertimbangan keluar dan dikirim kembali ke Senat, maka Senat Universitas memiliki waktu maksimal tujuh hari untuk melakukan pemilihan rektor, dimana sebelum dilakukan pemilihan terlebih dahulu senat mendengarkan pemaparan visi misi setiap calon.

Selanjutnya, Senat akan mengambil tiga nama suara terbanyak dan mengirim ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah tanpa mencantumkan besaran perolehan suara. Dan Pimpinan Pusat memilih satu dari tiga nama itu sebagai rektor dan dilantik di bulan April mendatang. ENG

Komentar

News Feed