oleh

KPU Tetapkan Rusdy-Ma’Mun Pemenang Pilgub Sulteng

SULTENG RAYA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sulawesi Tengah secara resmi menetapkan pasangan calon nomor urut 2, Rusdy Mastura-Ma’Mun Amir sebagai pemenang Pilgub serentak tahun 2020. Keputusan itu ditetapkan melalui rapat pleno terbuka di Hotel Santika Palu, Jum’at (22/1/2021) sore yang dihadiri oleh seluruh pasangan calon peserta Pilgub tahun 2020.

Pada kesempatan itu, Surat Keputusan (SK) tentang penetapan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih dibacakan langsung oleh Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming. 

“Kesatu menetapkan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2020 adalah nama calon gubernur H. Rusdy Mastura, nama calon wakil gubernur Drs Ma’mun Amir dengan perolehan suara sejumlah 891. 334 suara atau sebanyak 59,61 persen dari total suara sah,” ujar Tanwir Lamaming.

Baca Juga :   Lansia di Mamboro Jalani Vaksinasi Covid-19

“Kedua mengumumkan pasangan gubernur dan wakil gubernur sebagaimana disebutkan pada diktum kesatu pada papan pengumuman dan laman KPU Provinsi Sulawesi Tengah atau tempat yang mudah diakses oleh masyarakat selama tujuh hari. Ketiga keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan,”ujar Tanwir Lamaming melanjutkan.

Usai membacakan SK, Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming juga memberikan kesempatan kepada gubernur terpilih Rusdy Mastura serta calon gubernur nomor urut 1, Hidayat Lamakarate untuk memberikan sambutan dalam forum itu.

Dalam sambutannya, Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan pilkada serentak tahun 2020. Mantan Wali Kota Palu dua periode ini juga berjanji akan menjadi Gubernur Sulteng yang amanah.

Baca Juga :   BSI Area Palu Ikut Genjot Pembiayaan KPR Sejahtera

Ketika dilantik nanti, Rusdy Mastura akan memprioritaskan program-programnya untuk menurunkan angka kemiskinan, menyelesaikan persoalan bencana, membangun infrastruktur serta meningkatkan fiskal daerah.

Sementara Hidayat Lamakarate dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pasangan Rusdy Mastura dan Ma’Mun Amir yang terpilih pada Pilkada 2020.

Mantan Sekprov Sulteng ini, mengatakan wajar jika Rusdy Mastura menang dalam pilkada, karena Rusdy Mastura merupakan sosok guru bagi dirinya.

“Kami wajib hukumnya untuk mendukung program gubernur terpilih. Kami juga bersedia jika tenaga dan pikiran kami masih dibutuhkan,” kata Hidayat Lamakarate yang didampingi calon wakil gubernur Bartholomeus Tandigala.

Hidayat juga mengatakan, dirinya bersama Bartho ikhlas menerima semua hasil dalam pilkada yang telah dilalui tersebut.

Baca Juga :   Polres Palu Tangkap Pelaku Pencurian Hp

Selain dihadiri pasangan calon, rapat pleno terbuka juga dihadiri oleh seluruh perwakilan Forkopimda, Partai politik, Bawaslu serta tim sukses masing-masing paslon. WAN    

Komentar

News Feed