oleh

Catat! Vaksin Bentuk Antibodi Sempurna Setelah Satu Bulan

SULTENG RAYA – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu menyatakan, masyarakat penerima vaksin sinovac harus mengetahui hal terpenting dari cara kerja vaksin tersebut.

Kepala BPOM di Palu, Fauzy Ferdiansyah menyebutkan, efektifitas tertinggi kerja vaksin melawan virus Covid-19 dalam tubuh adalah selama satu bulan. Dalam satu bulan, kata dia, antibodi vaksin akan terus bertumbuh tiga sampai empat kali lipat sebelum mampu mengalahkan virus.

“Tenaga medis yang saat ini telah mendapat vaksinasi mungkin telah mengetahui. Namun, masyarakat juga harus dipahamkan karena sasaran vaksinasi adalah populasi masyarakat,” tuturnya belum lama ini.

Untuk itu, hendaknya masyarakat yang nantinya akan melakukan vaksinasi tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M yakni menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas.

Baca Juga :   Kepsek Sebut Telah Menjadi Penggerak di Sekolah

“Tetap dijaga protokol kesehatannya sebelum vaksin benar-benar efekyif bekerja. Kita tidak mengetahui kalau dalam perjalanan pembentukan antibodi kita terinfeksi, ini sebagai upaya proteksi,” tuturnya.

“Sebagai gambaran vaksinasi/imunisasi yang dilakukan pada anak bayi..ada yang sekali dilakukan namun ada juga yang dilakukan berulang untuk mendapatkan antibodi yang baik, kurang lebih seperti itu cara kerja vaksin Covid-19 ini,” ujarnya menambahkan. RHT

Komentar

News Feed