oleh

BKKBN Perkenalkan Aplikasi ‘KLIK KB’ di Sulteng

SULTENG RAYA – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tengah menyosialisasikan Aplikasi ‘KLIK KB’ secara virtual dengan menghadirkan Direktur Bina Kualitas Pelayanan KB BKKBN, drg Widwiono sebagai pemateri, Rabu (20/1/2021).

Dokter Widwiono mengatakan, KLIK KB adalah aplikasi berbasis android bagi provider Praktek Bidan Mandiri (PMB) ataupun Praktek Dokter menghubungkan masyarakat umum calon akseptor KB untuk melakukan konseling kesehatan, terutama pelayanan Keluarga Berencana (KB).

“KLIK KB merupakan lompatan pelayanan KB. Bicara tentang pelayanan KB itu, dimulai dari KIE (konseling informasi dan edukasi), advokasi, pelayanan klinik, ketersediaan Alokon (alat dan obat kontrasepsi) sampai pada pencatatan dan pelaporan. Kedepannya, dengan adanya KLIK KB semua akan mudah untuk dilakukan pengontrolan, karena data sudah online, sehingga bisa up-to-date,” jelas Dokter Widwiono.

Baca Juga :   April Panen Raya, Bulog Sulteng Siap Serap Beras Petani

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidang Indonesia (PD IBI) Sulteng, yang juga merupakan Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng, Hj Euis Bianca, menyatakan siap berkolaborasi dengan BKKBN dalam mensosialisasikan KLIK KB kepada seluruh Bidan di Sulteng baik melalui Pengurus Cabang IBI kabupaten dan kota, maupun melalui Dinkes di kabupaten dan kota se-Sulteng.

“Kami siap untuk menyosialisasikan KLIK KB ini ke semua bidan di Sulteng,” kata Hj Euis Bianca.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Maria Ernawati, mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Pusat dalam hal ini Dokter Widwiono bersama tim yang telah berkesempatan meluangkan waktunya memberikan sosialisasi dan pendampingan Aplikasi KLIK KB dengan jelas.

Apresiasi juga disampaikan kepada para peserta, baik bidan maupun penyuluh KB/pelaksanakan lapangan KB (PKB/PLKB) di kabupaten dan kota sudah mau menyimak materi dari awal hingga akhir acara.

Baca Juga :   Polres Palu Canangkan Zona lntegritas Menuju WBK dan WBBM

“Harapan kami, setelah mendapatkan sosialisasi ini, kepada mitra  maupun PKB/PLKB yang mengikuti kegiatan hari ini (kemarin), dapat segera melakukan sosialisasi kepada sasaran masing-masing, sehingga tujuan dari aplikasi dapat dicapai yang tentunya akan mengarah pada peningkatan akses kepesertaan KB hingga keseluruh wilayah di Sulawesi Tengah,” kata Kaper Erna.

Sebagai informasi tambahan, KLIK KB sudah diluncurkan bertepatan peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Indonesia pada 17 Agustus 2020 lalu.

Selain untuk menyikapi adaptasi kebiasaan baru yang membatasi pertemuan tatap muka, KLIK KB juga sebagai upaya untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Adapun keuntungan bagi BKKBN dengan adanya KLIK KB, data pelayanan valid, laporan secara real time, alat perencanaan dan evaluasi, mengurangi DO dan data dapat diakses dari pusar/Kapala BKKBN dapat mengetahui data pelayanan kapanpun.

Baca Juga :   BPSPL Makassar Klaim Biota Laut di Sulteng Aman

Kemudian, keuntungan para bidan, mengingatkan klien untuk datang ulang, sebagai register paper less, tidak terjadi keterlambatan bagi klien, memperiapkan diri ketika masa pandemi, dapat melaporkan secara real time,terbantu mendapatkan klien, status medik sebagai arsip pribadi bidan, menghindari stock out dan mendapatkan point/SKP.

Selanjutnya, keuntungan bagi klien alias akseptor, dapat konsultasi KB secara onlin, dapat memilih bidan/klinik sesuai kebutuhan, dapat melakukan janji/pesan waktu untuk dilayani, dapat mengetahui informasi KB baik secara teks, gambar, video ataupun secara langsung dengan narasumber dan tentunya semua itu gratis. HGA

 

Komentar

News Feed