oleh

Permuja Sulteng Siap Gelar Perkaderan di Donggala

SULTENG RAYA – Persatuan Pemuda Jawa (Permuja) Condrodimuko Sulawesi Tengah dalam waktu dekat melaksanakan perkaderan di Kabupaten Donggala.

Perkaderan itu untuk menciptakan regenerasi organisasi dan menciptakan pemimpin-pemimpin baru ke depan.

Ketua Permuja Condrodimuko Sulteng, Trie Anom, mengatakan, kegiatan kaderisasi dilakukan di Desa Bale Kecamatan Tanatovea, Kabupaten Donggala pada 22 hingga 24 januari 2021 dengan mengusung tema  ‘Nguri-nguri paseduluran Budoyo  lan totokromo’.

InsyaAllah ini adalah awal dari proses kaderisasi permuja dimana tahun-tahun kepengurusan sebelumnya belum ada proses seperti ini. Semoga saja dengan proses kaderisasi ini akan muncul generasi-generasi baru yang melanjutkan kepengurusan berikutnya,” kata Trie Anom kepada Sulteng Raya, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga :   Pengadilan Negeri Donggala Luncurkan Layanan Aplikasi “Pak Sandi”

Ia berharap, kader-kade baru ke depan memunculkan sifat-sifat untuk mengabdi, kepedulian dalam lembaga dan tentunya untuk masyarakat luas serta  harus bisa menjaga dan menerapkan sifat-sifat diwariskan nenek moyang dahulu.

“Harus juga menjaga sopan santunya, tatakrama, bahasa dan selalu menjaga kekeluargaan dimanapun berada sesuai tradisi Jawa,”  tuturnya.

Menurutnya, tanpa ada kaderisasi, lembaga akan kehilangan generasi-generasi berikutnya dan akan lupa dengan warisan adat dan budayanya sendiri.

Apalagi, kata dia, dengan majunya perkembangan zaman, dengan segala keterbukaan informasi dan kebiasaan-kebiasaan baru, akan memunculkan efek negatif bagi generasi muda, jika tidak mampu mempertahankan budaya asli Indonesia, khususnya budaya Suku Jawa terkenal sopan santunnya.

“Maka dengan momen-momen seperti inilah kami coba kembali menanamkan ideologi-ideologi dan falsafah Jawa yang mereka anggap sudah kuno dan ketinggalan zaman, kita sampaikan kembali bahwa Jawa harus tetap dijaga dan dibawa dimanapun berada. Namun, kami juga sampaikan bahwa budaya di Indonesia ini banyak dan budaya-budaya itulah yang memperkuat bangsa Indonesia hingga saat ini berdiri,” katanya. RHT

Baca Juga :   Donggala Siap Terapkan PPKM

Komentar

News Feed