oleh

Kadis Dukcapil Poso Positif Covid-19

SULTENG RAYA – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Poso bersama dua stafnya, dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan di kantor Disdukcapil Poso terpaksa ditutup selama 14 hari. 

Sekretaris Disdukcapil Poso, Marmin juga mengakui, jika Dinas mereka sejak kemarin telah mendapatkan informasi terkait adanya beberapa orang di dinas ini yang positif Covid-19. 

“Iya, di Dinas Dukcapil ini ada tiga orang yang setelah dilakukan sweb PCR terkonfirmasi positif korona. Mereka adalah Kepala Dinas dan dua tenaga operator dan staf,” katanya kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

Marmin juga mengatakan, jika penutupan pelayanan publik di kantor mereka adalah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor Dukcapil dan Kabupaten Poso pada umumnya. 

Baca Juga :   Pemprov dan Pemda Poso Sosialisasi Perlindungan Konsumen

“Sesuai surat kami kemarin, saat ini hingga 12  hari ke depan, semua pelayanan publik pembuatan administrasi kependudukan dan perkantoran di dinas ini ditutup. Sedangkan semua pegawai di Dinas ini akan dikarantina sambil melakukan sweb PCR,” jelas Marmin. 

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Yan E. Guluda membenarkan, adanya penutupan sementara kantor Disdukcapil akibat adanya tiga orang yang terkonfirmasi Covid-19.

“Memang setalah ada kepastian melalui sweb PCR ada pegawai di salah satu OPD terkonfirmasi positif korona, dinas tersebut harus dikarantina dan dilakukan tracking selama 14 hari ke depan. Tujuannya adalah untuk memutus penyebaran virus mematikan tersebut, ” tegas Sekda. 

Sekda menyebutkan, dari data yang ada sampai hari ini (Selasa kemarin) telah beberapa OPD di Poso terpaksa ditutup aktivitasnya akibat pegawainya terkonfirmasi korona. Organisasi perangkat daerah itu antara lain Dinas pertanian setelah seorang pejabatnya meninggal karena terkonfirmasi Covid-19, pelayanan RSUD Poso terpaksa berhenti melakukan pelayanan kesehatan setelah 26 tenaga kesehatannya positif korona dari hasil sweb PCR dan ditutup selama 14 hari.

Baca Juga :   Pemprov dan Pemda Poso Sosialisasi Perlindungan Konsumen

Selanjutnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga ditutup setelah tiga orang stafnya dari hasil sweb PCR positif terpapar Covid-19 dan dihentikan kegiatan perkantoran selama tujuh hari. Kemudian Puskesmas Kawua di Kecamatan Poso Kota Selatan dan Puskesmas Kayamanya di Kecamatan Poso Kota sehubungan dengan beberapa tenaga kesehatannya terpapar Covid-19.

“Dan mulai hari ini (Selasa kemarin) Dinas Pelayanan Perkantoran dan Publik di Dinas Dukcapil Poso diliburkan selama 14 hari karena kadis dan dua stafnya hasil sweb PCR positif korona,” sebutnya. 

Sementara, dari pantauan Sulteng Raya di kantor Disdukcapil Poso sedang berlangsung sweb PCR terhadap seluruh pegawai di Dinas tersebut. Sementara, puluhan warga Poso dari berbagai wilayah mendatangi kantor tersebut untuk membuat administrasi kependudukan seperti KTP-El dan yang lainnya, namun pelayanan ditutup mulai hari ini (Selasa kemarin). SYM

Baca Juga :   Pemprov dan Pemda Poso Sosialisasi Perlindungan Konsumen

Komentar

News Feed