oleh

Empat Tahun Terakhir, Unismuh Palu Dikembangkan Lewat Lima Program Kerja Strategis

SULTENG RAYA-Empat tahun terakhir ini, Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu terus mengalami kemajuan secara bertahap, mulai dari sistem menejerial, pengembangan Sumber Daya Manusia, penelitian dan pengabdian, dan pengembangan IT, hingga AIK

Perbaikan sistem menejerial melalui evaluasi dan perbaikan struktur jabatan di internal kampus, dengan menempatkan orang-orang yang dinilai cakap dan mampu menjalankan tugas dan kewajiban yang diembannya, serta mengubah pandangan jabatan sebagai amanah, bukan sesuatu yang perlu dikejar dan dibanggakan, dengan demikian ada rasa tanggungjawab dalam menjalankan tugas dan fungisnya.

Sementara pengembangan Sumber Daya Manusia adalah dengan mendorong semua dosen yang belum berkualifikasi S3 untuk melanjutkan jenjang pendidikannya, baik dengan menggunakan beasiswa dari pemerintah dan pihak ke tiga (sponsor) maupun menggunakan beasiswa internal kampus.

Baca Juga :   Lima Pasangan Kepala Daerah Akan Dilantik Secara Virtual

Saat ini per Desember 2020, tercatat  dari 160 tenaga dosen yang dimiliki, kini yang sudah berkualifikasi S3 sebanyak 31 orang, kesemuanya terdistribusi di 20 Program Studi Sarjana dan Program Studi Pascasarjana.

Bukan hanya itu, masih ada sejumlah tenaga dosen saat ini dalam proses studi S3 di sejumlah perguruan tinggi, baik yang ada di Kota Palu, maupun yang ada di Kota Makassar serta beberapa perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia.

Percepatan jabatan fungsional akademik juga terus dilakukan, dengan mendorong para dosen untuk mengurus kenaikan jabatan fungsional akademik. Terhitung sejak September 2020 telah diajukan 7 orang Dosen menuju Lektor kepala, 14  orang  dosen  menuju  lektor  dan  12  orang  dosen menuju Asisten Ahli, sementara untuk guru besar masih tengah berproses.

Baca Juga :   Laksanakan Pelatihan Aktifasi dan Pemanfaatan Akun Pembelajaran Gratis

Selain dosen, juga dilakukan pembenahan kualitas kemahasiswaan. Setiap unit kegiatan kemahasiswaan di sejumlah fakultas harus berjalan dengan nyata dan baik. “Mereka harus berlomba melakukan kegiatan yang dibuat untuk diperlihatkan di luar, agar masyarakat itu mengetahui Unismuh Palu itu hadir dengan segala kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelas Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, belum lama ini.

Selanjutnya di bidang penelitian dan pengabdian, dimana Unismuh Palu kini terus meningkatkan penelitian dan pengabdian. Tidak jarang menghadirkan tamu-tamu pemateri baik nasional maupun dari luar negeri, hal itu bertujuan memperdalam kualitas pemahaman dosen dalam penelitian dan pengebdian serta penulisan jurnal. Bahkan telah menjajaki Hak Paten dan HAKI.

Baca Juga :   Bimtek Untuk Guru, Tingkatkan Kualitas PJJ

Berikutnya, juga telah memperbaiki infrastruktur terutama di bidang Informasi dan Teknologi (IT), bahkan telah membentuk struktur tersendiri. Dengan adanya IT, para mahasiswa akan dimudahkan untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan, termasuk pembayaran SPP. Bahkan telah menempatkan salah satu Bank milik plat merah di gedung rektorat lantai bawah untuk memudahkan mahasiswa mengakses bank.

Terakhir adalah yang menciri khaskan kampus ini, yakni meningkatkan kualitas Al Islam dan Kemuhammadiyaan kepada seluruh civitas akademika kampus, mulai dari mahasiswa hingga dosen, staf dan pimpinan yang ada di kampus ini.

Upaya tersebut dilakukan guna mengejar ketertinggalan untuk menjadi kampus unggul dan kompetitif, dan pilihan para calon mahasiswa. ENG

Komentar

News Feed