oleh

Ini Jumlah Alokasi Pupuk Bersubsidi Sulteng di 2021

-Kota Palu-dibaca 418 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Prasaran dan Sarana Pertanian telah merilis jumlah alokasi pupuk bersubsidi untuk 34 Provinsi di Indonesia dalam surat nomor: B-758/SR.310/B/12/2020.

Dalam surat tersebut terdapat besaran alokasi yang dimiliki oleh Sulteng diantaranya yakni UREA sebanyak 37.710 ton, SP-36 sebanyak 2.130 ton, ZA sebanyak 5.884 ton, NPK sebanyak 30.030 ton, NPK Formula Khusus sebanyak 4.000 ton, dan Organik Granul sebanyak 2.100 ton.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Sulawesi Tengah, Sarianto mengatakan, alokasi tersebut untuk memberikan keringan kepada petani domestik agar mengakses pupuk secara terjangkau melalui subsidi pemerintah yang sudah tersistem melalui e-RDKK.

Baca Juga :   Kadis DTPH: 14.904 Petani Sulteng Akses KUR Pertanian

“Nantinya kelompok tani yang akan menebus itu harus melalui kartu tani, dan dapat dipastikan bahwa tidak ada petani perseorangan yang dapat mengakses pupuk bersubsidi kecuali kelompok tani yang terdaftar,” katanya kepada Sulteng Raya, Senin (4/1/2021).

Pihaknya saat ini mengaku terus memperbaiki sistem penebusan yang sesuai dengan regulasi yakni menggunakan kartu tani melalui salah satu bank negara yang telah ditugaskan dalam sistem kartu tani.

“Kita harapkan awal tahun ini, sistem sudah jalan secara komperhensif seluruh daerah di Sulteng, khususnya sentra-sentra serapan pertanian,” tuturnya.

“Dengan ini juga, saya selaku pemerintah berharap geliat pertanian kita akan makin maju sehingga kita bisa terus memberikan tren surplus produksi-produksi pertanian, khususnya komoditi beras,” ujarnya menambahkan. RHT

Baca Juga :   Calon Jemaah Haji Diimbau Jaga Kesehatan

Komentar

News Feed