oleh

PT CNE Optimis Pembangunan NTM Selesai November 2021

SULTENG RAYA – Direktur Utama PT Citra Nuansa Elok (CNE), Mohammad Sandiri La’anto optimis pembangunan New Tatura Mall (NTM) selesai pada November 2021 mendatang.

Saat ini, kata dia, pembangunan tersulit dan terberat dari pembangunan New Tatura Mall, yakni pembangunan pondasi sudah mencapai 97 persen.

“Kita optimis, target pembangunan New Tatura Mall selesai pada November 2021 mendarnag. Pekerjaan yang terberat adalah pekerjaannya di bagian bawah, khususnya pondasi, alhamdulillah sudah hampir selesai. Tersisa 15 titik lagi 600 titik dikerjakan,” jelas Memet, sapaan akrab Mohammad Sandiri La’anto kepada sejumlah wartawan, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, pembangunan pondasi dianggap paling berat lantaran harus menggunakan alat berat untuk mengebor tanah.

“Pembangunan pondasi ini, kita menggunakan bored pile. Dan memang pekerjaan pondasi adalah pekerjaan terberat. Apalagi ternyata, ruam tanah kita agak labil, sehingga memerlukan perlakuan khusus, namun sejauh ini pekerjaan tetap lancar,”  jelasnya.

Kemudian, sembari mengebut penyelesaian pondasi, pembangunan struktur juga telah dilaksanakan. Kini progres pembangunan struktur basement juga telah mencapai 25 persen.

“Saat ini yang kita genjot adalah struktur. Kini pembangunan struktur basement di lantai dasar sudah mencapai 25 persen. Mudah-mudahan, atas ijin Allah SWT pembangunan bisa lancar dan selesai sesuai target dan sesuai rencana pada November 2021 mendatang,” ucapnya.

Baca Juga :   BPSPL Makassar Klaim Biota Laut di Sulteng Aman

Ia menilai, pembangunan NTM terbilang cepat. Pasalnya, pascapeletakan batu pertama pada Kamis (20/2/2020) lalu, efektif kontraktor mulai full mengerjakan pondasi pada September 2020.

“Proses pembangunan sedikit agak cepat. Karena, efektif kita bekerja pada bulan Spetember 2020. Karena menunggu IMB (Izin Mendirikan Bangunan), Andalalin (Analisa Dampak Lalu Lintas) dan Amdal (Analisa Mengenai Dampak lingkung), hampir satu tahun. Kontrak sudah dari bulan Mei, kita sudah mengerjakan pekerjaan ringan. Nanti kontraktor full bekerja pada September 2021,” jelasnya.

Ia juga berharap masyarakat dapat mendukung pembangunan mall terbesar dan terlengkap serta mall pertama bertaraf internasional di Sulawesi Tengah itu.  Terlebih, mall yang diklaim mampu menahan gerakan gempa hingga 9,5 SR itu, diyakini bakal memberi dampak positif terhadap perputaran ekonomi di Kota Palu.

“Kepada masyarakat Kota Palu khususnya dan Sulawesi Tengah secara umum, sebagai direksi mengharapkan doa dan dukungan dari masyarakat,” katanya. 

Baca Juga :   Bulog: Sektor Komersial Tetap Berorientasi pada Stabilisasi

Selain dapat menjadi maget bagi wisatawan, keberadaan NTM juga akan membuka lapangan kerja khususnya bagi warga Kota Palu. Belum lagi, keberadaan NTM dipastikan akan menambah pendapatan daerah, khususnya dari sektor pengelolaan parkir maupun pajak dari para tenant.

Sebagai informasi tambahan, hingga kini, dari 34.000 meter persegi ruang sewa disiapkan dari 53.000 meter persegi luas bangunan, seluruhnya telah dilamar para tenant. Beberapa tenant besar telah siap bergabung, diantaranya, Ramayana, Matahari, Starbucks Corporation, Mcdonal’s hingga perusahaan bioskop terbesar di dunia Cinepolis.

Sebelumnya diberitakan, Sulawesi Tengah bakal memiliki mall atau pusat perbeajaan modern megah dan bertaraf internasional bernama NTM sebagai pengganti Mall Tatura Palu (MTP).

Desain bangunan direncanakan bakal memadukan antara konsep modern dengan kearifan lokal, dengan tujuh lantai. Dua lantai untuk tempat parkir kendaraan atau basemen dan lima lantai untuk ruang sewa.

“Sesuai recana atau master plan yang kita buat, New Tatura Mall ini akan lebih megah dan modern bertaraf nasional dan internasional,” jelas Direktur Utama PT CNE, Mohammad Sandiri  La’anto kepada sejumlah wartawan di Kantor PT CNE, Kompleks MTP, Jumat (22/11/2019).

Baca Juga :   April Panen Raya, Bulog Sulteng Siap Serap Beras Petani

Menurutnya, NTM tidak hanya didesain modern dan megah. Mall yang direncanakan pembangunannya menghabiskan Rp350 milar itu, didesain sebagai tempat perbelanjaan yang sesuai dengan keingin dan harapan masyarakat saat ini. NTM direncanakan sebagai lokasi yang multifungsi, mulai dari menjadi tempat wisata keluarga, tempat meeting hingga tempat berbelanja yang ramah dan nyaman bagi semua kalangan.

“Kita ingin membangun mall yang bisa menjadi tempat belanja sekaligus tempat wisata keluarga, tempat meeting, tempat melepas penat. Kami inginkan kedepan, kalau (masyarakat) pulang dari kerja, terasa kurang bila tidak singgah di NTM atau Mall Tatura Palu. Intinya adalah mall yang akan kita bangun itu, kita upayakan dapat memanjakan dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Palu dan Sulteng pada umumnya,” kata Memet, sapaan akrab Mohammad Sandiri  La’anto.

Selain itu, NTM digadang-gadang menjadi mall pertama menerapkan pembangunan menggunakan SNI terbarukan. Kekuatan struktur yang akan dibangun menggunakan SNI terbarukan itu digadang-gadang mampu tahan gempa hingga 9,5 SR lebih.Uniknya, NTM ternyata adalah mall didesain atau karya anak daerah pertama. HGA

Komentar

News Feed