oleh

Uji Coba Kelar, Kini BKKBN Sulteng Fokus Benahi Master Wilayah PK21

SULTENG RAYA – Uji coba pendataan keluarga 2021 (PK21) kelar. Diagnosa masalah juga telah dilakukan. Kini Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tengah fokus melakukan pembenahan master wilayah PK21.

Demikian Kepala Bidang Advokasi, Pergerakan dan Informasi (Adpin) BKKBN Perwakilan Sulteng, Muhammad Rosni, mengatakan pembebahan tersebut berupa aksi pemetaan jumlah kecamatan dalam di setiap kabupaten, jumlah kelurahan dalam setiap kecamatan dan jumlah Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) dalam desa dan kelurahan.

“Kita harus petakan berapa jumlah keluarga yang akan didata dalam satu wilayah RT. Memang secara nasional harus dipetakan sampai tingkat RT. Oleh karena itu, saat ini kita lakukan pembenahan mster wilayah. Diharap pada awal Januari 2021 nanti sudah bisa net dan datanya kita akan laporkan ke pusat,” jelas Muhammad Rosni, Selasa (15/12/2020). .

Baca Juga :   Kepsek Watusampu Optimis Ikut PSP

Menurutnya, pemetaan master wilayah saat ini sedang dilakukan petugas kader pendata, baik penyuluh KB, sub PPKBD, dilaksanakan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah Keluarga Berencana (OPD KB) tingkat kabupaten dan kota.

“Inilah yang kita harapkan membantu pemerintah  kabupaten kota melakukan pembenahan master wilayah sebagai persiapan awal untuk dilakukan pendataan sampai pada level RT,”terangnya.

Rosni menambahkan, sokongan OPD KB kabupaten dan kota merupakan hak pasti. Karena, data yang diperoleh nantinya juga akan dikembalikan dan digunakan ke kabupaten dan kota.

“Kelengkapan dari pemenuhan data-data yang dibutuhkan dari master wilayah ini sangat mempengaruhi terhadap suskesnya PK21 di kabupaten dan kota,” ucapnya.

Ia berharap OPD KB optimal membantu melakukan pembenahan master wilayah persiapan PK21. Pemetaan master wilayah pendataan itu cukup urgensi dilaksanakan. Sebab, master wilayah itu akan ketahuan secara detail jumlah keluarga yang akan didata hingga ke tingkat RT.

Baca Juga :   Hari Ini, Hadi-Reny Resmi Pimpin Palu Hingga 2024

“Dari situ bisa dipetakan banyak hal. Misalnya, dukungan penganggaran, formulir, serta dukungan lain seperti spanduk,” katanya.

 

DIBENTUK POSKO PENDATAAN

Dalam rangka mendukung kelancaran proses PK21 di kabupaten dan kota, juga direncanakan membentuk posko pendataan yang ditempatkan di OPD KB kabupaten kota masing-masing.

“Dari BKKBN Sulteng nantinya menjdi pusat kendali dilevel kabupaten kota untuk proses pelaksanaan pendataan disetiap kecamatan sampai ke desa dan RT setempat,”katanya.

Sebagai upaya penguatan sosialisasi teknis pembenahan master wilayah kepada kader pendata, Perwakilan BKKBN Sulteng secara rutin menyampaikan hal itu melalu diskusi virtual.

“Sosialisasi secara virtual meeting melalui program Selasa menyapa bersama PKB dan PLKB. Disitu kita menjelaskan teknis pemenuhan data master wilayah sebagai persiapan awal untuk pendataan keluarga nanti,” tuturnya. HGA

Baca Juga :   Temui Kapolda Sulteng, Kepala BBTNLL Bahas Penanggulangan Tambang Emas Ilegal

Komentar

News Feed