oleh

Rusdy Mastura Akan Prioritaskan Penanganan Korban Bencana

-Politik-dibaca 599 kali

SULTENG RAYA – Calon Gubernur Sulawesi Tengah terpilih versi hitung cepat Rusdy Mastura mengatakan pemulihan korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Kota Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Padagimo) menjadi prioritas utamanya dalam melaksanakan pembangunan daerah lima tahun ke depan.

“Pemulihan penyintas di Padagimo itu tugas pertama saya,” kata Rusdy Mastura, di Palu, Jumat.

Berdasarkan data KPU dari laman pilkada2020.kpu.go.id pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng pukul 16.05 Wita, pasangan nomor urut 01 Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir memperoleh 348.505 suara atau 58,3 persen.

Sementara pasangan nomor urut 02, Mohamad Hidayat Lamakarate berpasangan dengan Bartholemeus Tandigala memperoleh 248.829 suara atau 41,7 persen.

Data KPU dalam laman website tersebut menyebutkan data masuk 2.503 TPS atau 39,67 persen dari total TPS sebanyak 6.309 se-Sulawesi Tengah.

Rusdi mengemukakan penyediaan hunian tetap bagi penyintas gempa, tsunami, dan likuefaksi akan menjadi tugas utamanya bila ia telah selesai dilantik sebagai Gubernur Sulteng lima tahun ke depan.

Ia menyebut ada beberapa cara yang akan ditempuhnya untuk pemenuhan hunian penyintas, di antaranya akan melakukan pinjaman ke Pusat Investasi Pemerinah (PIP).

Selain itu juga akan melakukan pinjaman ke beberapa bank yang menjadi mitra Pemprov Sulteng dalam rangka percepatan pemulihan kondisi penyintas setelah dua tahun lebih gempa 28 September 2018 berlalu.

“Tapi ini masih akan dibahas lanjut, namun ini dilakukan karena saya tidak mau selalu berharap dari Pemerintah Pusat,” kata Rusdy.

Menyangkut irigasi dan infastruktur di Padagimo, dirinya akan menemui langsung Menteri PUPR untuk segera percepat pembangunan irigasi, agar masyarakat petani bisa segera mengolah lahan pertanian.

“Seperti irigasi, itu dibiayai oleh APBN. Nah ini saya desak agar kenapa satu sampai dua tahun ini belum selesai irigasi. Saya akan bicara langsung dengan menteri,” katanya.

Rusdy Mastura di Pilakda Sulteng tahun 2020 mengusung visi Sulawesi Tengah maju dan sejahtera, yang ditindaklanjuti dengan misi Sulteng cerdas, Sulteng maju dan tuntas.

Kemudian, misi Sulteng kerja cepat dan Sulteng sejahtera dan Sulteng tangguh.

Selain itu, pasangan Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir juga memiliki program unggulan yang terdapat dalam kartu Sulteng sejahtera.

Program itu ialah, sembako murah, 50 ribu lapangan kerja baru, BPJS Kesehatan gratis, dan pendidikan gratis.

“Lewat visi tersebut, kami bertekad memastikan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah,” ungkap Rusdy.

Ia menerangkan, Sulteng memiliki sumber daya alam yang melimpah, harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh warga Sulteng. ANT

Komentar

News Feed