oleh

Bupati Morut Buka Lomba Utsawa Dharma Gita

SULTENG RAYA – Bupati Morowali Utara (Morut), Moh. Asrar Abd. Samad membuka perlombaan Utsawa Dharma Gita (UDG) tingkat Kabupaten Morut, di halaman penginapan Tani Nur Beteleme, Kecamatan Lembo, Senin (30/11/2020).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, pelaksanaan Utsawa Dharma Gita merupakan salah satu upaya melestarikan, mengembangkan serta memasyarakatkan Dharmagita di kalangan umat Hindu.

“Olehnya itu, kegiatan semacam ini tentulah harus lebih banyak digiatkan dalam bentuk perlombaan agar budaya leluhur senantiasa tetap terjaga dan dapat dilestarikan,” kata Bupati.

Utsawa Dharma Gita kata Bupati, juga merupakan wahana untuk menjaring duta yang akan dilombakan ke tingkat Provinsi. “Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembuktian kemampuan olah seni suara dari para utusan seluruh kontingen yang ada di Kabupaten Morowali Utara,” harap Bupati.

Baca Juga :   Kodim 1311/Morowali Kirim Bantuan ke Sulbar

Mengenai tentang perjalanan kepemimpinannya di Kabupaten Morowali Utara, Bupati mengaku, selama kurang lebih empat tahun memimpin daerah ini, sudah banyak kemajuan yang dirasakan. Keberhasilan ini tentu berkat dukungan seluruh elemen masyarakat termasuk umat Hindu yang juga berkontribusi dalam program Pemerintahan.

Sementara, Ketua Panitia kegiatan mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan dua tahun sekali dengan kategori lomba diantaranya Utsawa Membaca dan Terjemah Mantra/Sloka, Utsawa Membaca dan Terjemah Palawakya dan Utsawa Menghafal Sloka/Mantra Terbanyak.

“Bagi yang meraih juara satu akan ditunjuk mewakili Kabupaten Morut dalam ajang lomba UDG Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang direncanakan berlangsung awal tahun 2021 mendatang,” katanya.

Dia menerangkan, Morowali Utara akan mengutus peserta cabang lomba baca dan terjemah seloka utusan kecamatan Soyojaya nantinya menjadi Dharma Duta yang dapat berkompetisi di Tingkat Nasional Akhir Tahun 2020 di Kota Ambon.

Baca Juga :   Lagi, Polsek Bahodopi Ringkus Pengedar Sabu

Diketahui, Utsawah Dharma Gita dengan mengusung tema “Melalui Pemantapan Dharma Gita Kita Tingkatkan Sradha dan Bhakti Hindu Dimasa Pandemi Covid-19” yang akan berlangsung selama satu hari itu, berjalan dengan aman dan tentram dengan menenuhi standart protokol kesehatan.

Acara pembukaan diikuti oleh perwakilan masing-masing kontingen utusan 10 kecamatan se-kabupaten Morowali Utara.

Tampak hadir mendampingi Bupati pada acara itu, Kapolsek Lembo, Kabag Kesra Setda Kabupaten Morut, Unsur Tripika Kecamatan Lembo, Ketua PHDI dan WHDI Kabupaten Morut, Ketua LPDG, Ketua PHDI, WHDI, Peradah Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Morut serta undangan lainnya. MAN

Komentar

News Feed