oleh

Dishut Sulteng Ajak Masyarakat Tanam dan Rawat Pohon

SULTENG RAYA – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sulawesi Tengah, mengajak masyarakat Sulawesi Tengah untuk menanam dan memelihara pohon agar tumbuh dengan baik.

Kepala Dishut Sulteng, Nahardi, mengatakan, menanam pohon bebannya tidak terlalu sulit, tetapi hal tersulit yaitu memelihara pohonnya.

“Menanam pohon, memang hal yang tidak terlalu sulit bebannya itu sekitar 10 persen saja saat menanam pohon, tetapi hal yang paling sulit itu adalah cara memelihara pohon, bebannya sekitar 90 persen,” kata Nahardi, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2020, di Pantai Malonju, Dusun Baturoko, Desa Lalombi, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala, Sabtu (28/11/2020).

Ia menjelaskan, pelaksanaan Hari Menanam Pohon Indonesia tingkat nasional maupun lokal, dapat menjadi momentum kesiapsiagaan menghadapi daya dukung alam berpotensi menimbulkan bencana.

Baca Juga :   Besok, STISIP Panca Bhakti Palu Gelar Wisuda ke-19

“Sejak, Oktober 2020 badan meteorologi dan geofisika telah menyampaikan peringatan dini potensi curah hujan tinggi sebagai dampak La Nina. Puncak La Nina tersebut diprediksi pada akhir Desember 2020, sehingga butuh kewaspdaan kita terhadap bencana seperti banjir dan tanah longsor,” jelasnya.

“Memang, bencana mungkin tidak bisa dicegah tetapi kesiapsiagaan kita mudah-mudahan dapat mengurangi potensi adanya korban,” tuturnya.ULU

Komentar

News Feed