oleh

BKKBN Sosialisasi Perubahan Perilaku Pada Masa Pandemi Covid-19

SULTENG RAYA – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencan Nasional (BKKBN) Sulaweisi Tengah melaksanakan kegiatan sosialisasi perubahan perilaku pada masa pandemi Covid-19 di salah satu hotel di Kota Palu, Senin (30/11/2020).

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Perwakilan BKKBN Sulteng, Bramanda Noya, mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Perwakilan BKKBN Sulteng terhadap masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, kata dia, kegiatan ditu diharapkan mampu menambah skill Penyuluh Keluarga Berencana/Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PKB/PLKB) dalam melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) di masyarakat selama pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya perubahan yang dilakukan selama pandemi Covid-19. Hasil yang diharapkan, kualitas pelayanan administrasi oleh ASN terhadap masyarakat di masa pandemi Covid-19 meningkat,” kata Bramanda Noya.

Baca Juga :   TKSK-IPSM Bagi-bagi Telur

Menurutnya, sejak pandemi Covid-19, banyak kejadian luar biasa harus disikapi dengan cara tidak biasa. Di era normal baru, kata dia, banyak perubahan dilakukan pada instansi pemerintah khususnya, dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), berkaitan dengan administrasi.

Banyak kegiatan-kegiatan dilakukan secara virtual yang dikemas sedemikian rupa agar menarik serta menggunakan aplikasi bermacam-macam sesuai kebutuhan.

“Pertemuan-pertemuan virtual ini merupakan satu dari sekian banyak perubahan yang dilakukan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kebiasaan baru itu tidak hanya dilakukan di lingkungan Kantor Perwakilan BKKBN Sulteng, melainkan juta dilakukan para PKB/PLKB yang bertugas di lapangan.

Selain KIE program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Program Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di masyarakat, peran PKB/PLKB juga mengedukasi dan memberikan informasi kepada kader KB atau Petugas Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD, tentang bahaya pendemi Covid-19 dan cara pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat.

Baca Juga :   Pemkot Terima Penghargaan Perencanaan Kota Terbaik

“Kader KB ini secara aktif mensosialisasikan, yang dimulai dari keluarga dan orang-orang terdekat,” jelasnya.

Senada, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Maria Ernawati, dalam sambutannya, mengatakan, selain mendampingi keluarga dan masyarakat dalam tugas menyukseskan program Bangga Kencana, di masa pandemi Covid-19 PKB/PLKB juga memiliki peran tambahan untuk ikut melakukan pencegahan Covid-19. Caranya, memberikan edukasi mengenai bahaya Covid-19 serta memberitahu cara mencegah penularannya.

“Selain memberikan pendampingan, PKB/PLKB sebagai petugas lini lapangan harus bisa mengedukasi dan sosialisasi tentang Covid-19 ini, serta bagaimana cara pencegahannya. Tentunya, paling simpel, ingat pesan ibu 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,”  jelas Kaper Maria Ernawati.

Baca Juga :   Menag Ingatkan Umat Jaga Prokes Selama Ramadhan

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, yakni 30 November hingga 1 Desember itu, diikuti 75 peserta. Kegiatan itu menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, perwakilan Satgas Covid-19 Sulteng, dr Delayla Afriana, Iskandar Zulkarnain, Akadeimis, Erdiyansya, Agus Lamakarate dan perwakilan jurnalis. HGA

 

Komentar

News Feed